Gubernur Sumut Pastikan Pasokan Gas Elpiji 3 Kg Sudah Terkendali
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi/DOK Instagram pribadi

Bagikan:

MEDAN - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memastikan pasokan gas elpiji subsidi 3 kilogram (kg) di wilayah ini sudah terpenuhi atau terkendali yang sebelumnya sempat dianggap langka.

Edy Rahmayadi mengakui sempat terjadi keterbatasan pasokan gas elpiji 3 kilogram di empat kabupaten/kota di Sumut, yakni di Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.

"Ada kemarin, persoalan sempat tidak ada pasokan, kekurangan di tempat-tempat tertentu, tidak secara keseluruhan. Tapi, pasokan sudah lancar," ujar Edy Rahmayadi, usai rapat forkompimda Sumut, di Medan dilansir ANTARA, Senin, 31 Juli.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu menjelaskan bahwa saat ini seluruh pasokan sudah terpenuhi dengan kuota di empat kabupaten/kota. Sehingga tidak ada permasalahan terkait dengan pasokan gas elpiji tersebut.

"Itu terpenuhi 357.000 tabung gas melon (3 kg) kebutuhan 212 ribu. Sehingga secara kuota tidak ada masalah, kita melihat rakyat sudah tidak mempersoalkan. Karena, tabung-tabung gas itu, sudah terpenuhi," kata Edy.

Gurbernur juga menjelaskan dengan kondisi kekurangan pasokan gas elpiji tersebut menjadi kesempatan bagi oknum untuk mencari keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu, pihaknya akan mengantisipasi dan melakukan pencegahan.

"Biasa rakyat kita ngambil kesempatan dalam kesempitan, itu sudah diselesaikan sama bapak Kapolda. Dengan sigap Kapolda menyelesaikan di Kabupaten Deli Serdang. Orangnya, dalam proses di Polda," ujar Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi, mengungkapkan pihaknya bekerjasama dengan pemangku kebijakan terkait untuk melakukan pengawasan dan penindakan hukum, terhadap yang melawan hukum terkait dengan pendistribusian gas elpiji 3 kg.

"Kami memastikan tabung gas 3 kg ini, sampai ke masyarakat, sesuai dengan ketentuan yang ada. Melakukan perlawanan hukum satu persatu, kita akan buktikan itu. Kita proses dan lanjutan mekanisme hukum ada," ujar Agung.

Sebelumnya, Polda Sumatera Utara dan Polrestabes Medan berhasil menangkap tiga orang pengoplos ratusan tabung elpiji subsidi 3 kg di Medan Sumatera Utara,

Penggerebekan pangkalan elpiji tersebut dilakukan pada Kamis (27/7) malam dan ditemukan oleh petugas ketiga pelaku sedang melakukan kegiatan pengoplosan gas subsidi ke gas non-subsidi untuk siap edar.