Alasan PNS Selalu Naik Garuda saat Perjalanan Dinas, Dapat Layanan Khusus
Alasan PNS selalu naik Garuda saat perjalanan dinas (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) seringkali melakukan program dinas di luar kota. Biasanya abdi negara akan menaiki transportasi udara apabila kota yang dituju cukup jauh. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apa alasan PNS selalu naik Garuda saat perjalanan dinas?

Sudah diketahui banyak orang bahwa maskapai Garuda Indonesia selalu jadi pesawat yang ditumpangi para PNS saat perjalan dinas. Padahal di Indonesia terdapat berbagai maskapai penerbangan yang beroperasi ke berbagai bandar udara di kota-kota di tanah air. Selain itu, dengan layanan full service, harga tiket pesawat Garuda Indonesia relatif lebih mahal dibanding pesawat lain. 

Menjadi hal lumrah bahwa kalangan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah menggunakan Garuda Indonesia untuk keperluan perjalan dinas. Di balik itu, ternyata ada alasan PNS selalu naik Garuda saat Perjalanan Dinas mereka.

Alasan PNS Selalu Naik Garuda saat Perjalanan Dinas 

Ternyata alasan PNS selalu menggunakan maskapai Garuda Indonesia karena berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa instansi pemerintah. Berdasarkan situs Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), seluruh pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah wajib melalui e-katalog apabila sudah tersedia dalam sistem LKPP. 

Ketentuan pengadaan barang dan jasa tersebut telah diatur dalam Perpres LKPP Nomor 4 Tahun 2015. Khusus untuk e-katalog pengadaan jasa penerbangan, saat ini LKPP baru melakukan kolaborasi dengan Garuda Indonesia. Jadi para PNS hanya diperbolehkan membeli tiket pesawat garuda yang sudah terdaftar di e-katalog. 

Pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia pun tidak bisa dilakukan oleh PNS secara sembarangan. Untuk membeli tiket, PNS hanya dapat membayar lewat dua bank persepsi yaitu Bank Nasional Indonesia (BNI) dan Bank Mandiri. Seluruh pembayaran dilakukan dari sistem e-katalog LKPP. 

Diskon Tiket Pesawat bagi PNS

PNS juga mendapatkan keuntungan berupa diskon pembelian tiket pesawat untuk perjalanan dinas. setiap PNS yang membeli tiket untuk keperluan tersebut berhak memperoleh diskon dari maskapai. 

Harga khusus pembelian tiket pesawat bagi PNS berlaku selama tidak melebihi pagu Standar Biaya Umum (SBU) yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selaku bendahara negara. 

Besaran harga tiket Garuda Indonesia untuk PNS juga menggunakan sistem perhitungan mengikuti regulasi yang diatur oleh International Air Transport Association (IATA). Regulasi tersebut secara umum berlaku untuk semua maskapai penerbangan yang menjadi anggota IATA. 

Para PNS bisa mendapatkan diskon tiket pesawat Garuda Indonesia mencapai 11% untuk penerbangan domestik menggunakan kelas bisnis dan ekonomi. Sementara untuk tiket perjalanan dinas internasional atau ke luar negeri, diskon tiketnya mencapai 20% untuk semua kelas. 

"Diharapkan seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dapat segera menggunakan e-katalog jasa penerbangan pada saat hendak melakukan pembelian tiket untuk perjalanan dinas," tulis LKPP dalam salah satu pemberitaan di situsnya.

Layanan Khusus Garuda Indonesia untuk PNS

Sebagai maskapai penerbangan yang telah bekerja sama dalam pengadaan barang/jasa instansi pemerintah, Garuda Indonesia memberikan layanan khusus bagi para PNS. Maskapai ini memberikan dua kartu Garuda Miles Platinum minimal sebanyak 2 kartu untuk pejabat di setiap instansi pemerintah.

Setiap instansi pemerintah bisa memberikan 2 kartu tersebut kepada pejabatnya. Fasilitas Garuda Miles Platinum ini dapat dipakai untuk akses masuk ke fasilitas lounge Garuda Indonesia di sejumlah bandara. 

Selain menyediakan layanan istimewa bagi penerbangan perjalanan dinas bagi PNS, Garuda Indonesia juga memfasilitas pemesanan tiket khusus untuk instansi pemerintah melalui Government Online System (GovOS).

Demikianlah ulasan mengenai alasan PNS selalu naik Garuda saat perjalanan dinas. Ternyata hal itu berkaitan dengan aturan pengadaan barang/jasa instansi pemerintahan. Sejumlah instansi bahkan mewajibkan ASN di lingkungannya untuk menggunakan transportasi udara maskapai Garuda Indonesia. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait