Mulai Operasional Hari Ini, Berikut Lokasi 18 Stasiun LRT Jabodebek
Ilustrasi LRT (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah melalui berbagai tahapan uji coba, light rail transit atau LRT Jabodebek beroperasi secara resmi mulai hai ini Senin 28 Agustus.

Dalam operasionalnya, ada 18 stasiun yang akan melayani penggguna LRT Jabodebek. Stasiun-stasiun tersebut berada di lokasi strategis seperti kawasan perumahan hingga kawasan bisnis, sehingga akan memudahkan mobilitas masyarakat.

18 stasiun yang akan melayani penumpang LRT Jabodebek, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, di setiap stasiun LRT Jabodebek juga dilengkapi berbagai penunjang untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, mulai dari eskalator, tangga, lift, toilet, ruang menyusui, musala, ruang kesehatan, passenger information display system (PIDS), passenger announcement, dan CCTV. Selain itu, berbagai fasilitas yang ramah disabilitas juga sudah dihadirkan.

"Di stasiun LRT Jabodebek sudah tersedia lift, tactile, gate, dan toilet khusus untuk mempermudah pelanggan disabilitas menggunakan moda transportasi ini,” kata Joni dalam keterangan resminya, dikutip Senin 28 Agustus.

Khusus untuk stasiun Cawang, lokasi ini menjadi interchange station dikarenakan merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit.

Dari stasiun ini, pengguna LRT Jabodebek dari stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti dulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya.

LRT Jabodebek juga akan akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum karena letak stasiunnya berada di dekat stasiun KRL hingga halte transjakarta.

Sebelum dioperasikan secara resmi, LRT Jabodebek sudah beberapa diuji coba, termasuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat uji coba baru-baru ini, Jokowi mengaku merasa nyaman menaiki LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti Depok ke Stasiun Dukuh Atas Jakarta. Ia sempat berhenti untuk menengok kesiapan Stasiun Cawang.

"Saya sudah (merasa, Red) nyaman, saya rasakan semua nyaman," ujar Jokowi.

Dalam operasional LRT Jabodebek, Jokowi juga selalu menekankan pentingnya kenyamanan dan keamanan. Perbaikan juga harus terus dilakukan.