Gempa M 7,4 Tanah Bumbu Kalsel Terasa hingga Denpasar hingga Bantul
Ilustrasi Gempa (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Gempa bumi magnitudo 7,4 yang mengguncang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) getarannya terasa hingga Denpasar (Bali) dan Bantul (DI Yogyakarta).

Selain Denpasar dan Bantul, gempa Tanah Bumbu juga ikut dirasakan warga di Kuta, Gianyar, Waingapu, Lombok, Karangkates, Kuta Selatan, Tabanan, Trenggalek, dan Blitar.

Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu, Kalsel, diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Selasa 29 Agustus.

Dalam keterangan yang diberikan di Jakarta, Iman Fatchurochman, yang menjabat sebagai Pelaksana Harian Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, menjelaskan bahwa pusat gempa berada di laut, sekitar 180 kilometer di sebelah tenggara Tanah Bumbu.

Gempa ini terjadi pada pukul 02.55 WIB, memiliki kedalaman 10 kilometer, dan titik episentrum terletak pada koordinat 4,38 lintang selatan dan 116,90 bujur timur.

Iman Fatchurochman juga menyampaikan bahwa gempa ini memberikan getaran dengan intensitas MMI di Tanah Bumbu. Getaran ini cukup terasa di dalam rumah dan terasa seperti terdengar suara getaran kendaraan berat yang lewat.

Kejadian gempa bumi kerap terjadi di Indonesia. Ini disebabkan oleh lokasi geografis Indonesia yang berada di sekitar Cincin Api Pasifik, wilayah yang dikenal rentan terhadap gempa bumi.

Wilayah yang melintasi jalur rangkaian gunung berapi aktif di Samudra Pasifik, yang lebih dikenal sebagai Jalur Api Pasifik, sering kali mengalami gempa bumi akibat dari aktivitas geologis yang kompleks di wilayah tersebut.