4 Jenis Beasiswa Unggulan Tahun 2023 yang Dibuka oleh Kemendikbud, Cek Kategorinya
Jenis-jenis Beasiswa Unggulan (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beasiswa Unggulan merupakan salah satu program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia. Program beasiswa ini diadakan dengan tujuan memberikan biaya pendidikan bagi individu yang mempunyai prestasi akademik atau prestasi di bidang tertentu yang diakui oleh lembaga. Ada beberapa jenis Beasiswa Unggulan tahun 2023 yang dapat dimanfaatkan untuk melanjutkan studi. 

Beasiswa Unggulan dari Kemendikbudristek ini diperuntukkan kepada para pelajar berprestasi dan pegawai Kemendikbud yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3). Pemberian beasiswa ini terdiri untuk pendidikan bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree). 

Pendaftaran Beasiswa Unggulan tidak hanya bisa dilakukan oleh calon mahasiswa yang baru akan mendaftar. Tapi juga bisa diambil oleh mereka yang sedang menempuh studi di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek. Bagi Anda individu berprestasi bisa mencoba jenis-jenis Beasiswa Unggulan sesuai dengan persyaratan yang dipenuhi masing-masing pelamar. 

Jenis-Jenis Beasiswa Unggulan Tahun 2023

Beasiswa Unggulan diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya, sehingga sangat dinantikan-nantikan oleh para calon mahasiswa atau mahasiswa yang sudah menempuh studi. Beasiswa ini sangat diminati karena memberikan biaya pendidikan secara penuh untuk kuliah serta menyediakan sejumlah komponen pendanaan lainnya. 

Pada tahun 2023, Kemendikbudristek membuka beberapa jenis Beasiswa Unggulan yang dibedakan berdasarkan persyaratan bagi masing-masing pelamar. 

Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Salah satu jenis beasiswa yang dibuka adalah Beasiswa Masyarakat Berprestasi. Beasiswa ini ditujukan bagi individu yang pernah meraih prestasi baik tingkat nasional maupun internasional. Jenis beasiswa yang satu ini bisa didaftar bagi Anda yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral baik di kampus dalam negeri maupun luar negeri.

Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbudristek

Jenis beasiswa ini diperuntukkan bagi pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang ingin menempuh studi jenjang magister dan doktoral. Beasiswa ini membuka kesempatan bagi Anda yang ingin kuliah di perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri. 

Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas

Jenis beasiswa ini diperuntukkan bagi ragam penyandang disabilitas yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Magister dan Doktoral. Ragam penyandang disabilitas yang berhak mendapat beasiswa ini, yaitu penyandang disabilitas fisik, penyandang disabilitas intelektual, penyandang disabilitas mental, dan penyandang disabilitas sensorik. 

Beasiswa Unggulan Penghargaan

Beasiswa ini diberikan berupa penghargaan pemerintah kepada anak kandung dari orang tua yang gugur dalam menjalankan tugas negara dan/atau pengabdian kepada negara. Bagi Anda yang termasuk kategori ini dapat memanfaatkan beasiswa ini untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Unggulan

Berikut ini timeline pendaftaran Beasiswa Unggulan tahun 2023 dari proses pendaftaran, tahap seleksi, hingga pengumuman. 

  • Pendaftaran Beasiswa Unggulan: 03 – 17 Agustus 2023
  • Seleksi Tahap I: 18 – 22 Agustus 2023
  • Pengumuman Seleksi Tahap 1: 23 Agustus 2023
  • Seleksi Tahap II: 04 – 12 September 2023
  • Pengumuman Seleksi Tahap II: 18 September 2023
  • Pembekalan dan Penjelasan Teknis Penandatanganan Kontrak: 21 – 30 September 2023

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis Beasiswa Unggulan tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Pengumuman hasil seleksi tahap II akan dilakukan pada 18 September mendatang yang informasinya bisa dilihat di laman beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait