Cara Refund Tiket KAI Pasca Kecelakaan Argo Semeru: Banyak yang Bingung, Begini Caranya
Cara Refund Tiket KAI Pasca Kecelakaan Argo Semeru - Kecelakaan KA Argo Semeru di wilayah Kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Akibat  terdampak anjloknya KA Argo Semeru dan terhentinya KA Argo Wilis di Petak Jalan Sentolo - Wates Km. 520 +4 pada Selasa (17/10/2023), PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberikan service recovery bagi pengguna jasa tersebut. Lantas bagaimana cara refund tiket KAI pasca kecelakaan Argo Semeru?

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, berkata kalau PT KAI bakal membagikan service recovery untuk pengguna jasa terdampak serupa pengembalian tiket 100%.

"Terkait kompensasi keterlambatan, PT KAI mengeluarkan service recovery baik di stasiun awal, sebelum penumpang berangkat maupun di stasiun antara atau di KA yang terkena musibah. Wujud service recovery termasuk pengembalian tiket 100 persen. PT KAI juga akan menanggung biaya pengobatan dan sebagainya karena dalam tiket sudah termasuk dalam asuransi itu," kata Krisbiyantoro ditemui di lokasi kejadian, Selasa (17/10/2023).

Cara Refund Tiket KAI Pasca Kecelakaan Argo Semeru

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api:

  1. Pembatalan dilayani di loket stasiun paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan
  2. Tunjukkan identitas asli dan fotocopy yang sesuai pada pemesanan atau surat kuasa dan identitas asli jika pemohon pembatalan bukan pemilik tiket.
  3. Membayar biaya pembatalan 25% dari tarif kereta api di luar biaya pemesanan
  4. Jika ingin membatalkan banyak penumpang dengan kode booking yang sama, cukup lampirkan salah satu identitas penumpang saja
  5. Pembatalan berlaku untuk sebagian penumpang atau seluruh penumpang
  6. Mengisi formulir pembatalan
  7. Refund juga dapat dilakukan melalui Apps KAI Acces
  8. Dana akan dikembalikan setelah 30 hari melalui transfer atau tunai (mengambil dana di stasiun) dengan menyerahkan formulir pembatalan yang telah divalidasi oleh petugas dan menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai.
  9. Jika formulir pembatalan hilang, kamu wajib melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian saat mengambil dana secara tunai

Krisbiyantoro menambahkan PT KAI pula sudah membagikan layanan maksimal walaupun terjadi peristiwa KA anjlok. Bagi dia, PT KAI mempunyai kewajiban membawakan penumpang yang tertera di tiket hingga ke stasiun tujuan.

"Kami upayakan bisa menggunakan KA lanjutan seperti tadi ke arah Jakarta itu kami lanjutkan dengan KA Sawung Galih. Dengan begitu penumpang KA Argo Semeru yang mestinya harus ikut Argo Semeru karena ada kecelakaan lalu dioperkan ke KA Sawung Galih untuk menuju ke Jakarta," katanya.

Ia berkata seluruh ekspedisi KA yang melintas di lintas Selatan dialihkan. Ekspedisi dari arah Timur ataupun dari arah Gubeng Surabaya semua dialihkan ke Semarang mengarah Cirebon kemudian Jakarta maupun Tegal- Purwokerto. Setelah itu yang dari arah Bandung dialihkan dari Kroya mengarah Purwokerto-Tegal-Semarang-Surabaya.

"KA yang terimbas atau sempat terhenti ada sembilan KA. Kemudian dengan pola operasi yang  berubah maka PT KAI mengambil langkah posisi atau pola operasi KA memutar. Ini akan mempercepat perjalanan KA jadi tidak menunggu evakuasi yang belum tentu bisa tepat waktu," ucapnya.

Krisbiyantoro menegaskan keadaan KA serta jalur yang ada normal. Ia mengaku kaget kala menemukan berita kalau KA Argo Semeru mengalami anjlok di Petak Jalur Sentolo- Wates Kilometer. 520+4. "Sebelum jam 13.15 Wib, seluruh KA di pusat pengendali dikatakan normal. Begitu jam 13.15 Wib dapat berita dari masinis kalau KA Argo Semeru anjlok," lanjutnya.

Jelasnya, beberapa barang kepunyaan penumpang sudah diamankan oleh petugas keamanan PT KAI. Benda tersebut pula bakal diinventarisir serta dikirim kepada pemilik masing- masing.

Tegas dia, PT KAI lagi mengupayakan supaya jalan yang tertutup gerbong KA Argo Semeru bisa berfungsi. Alasannya, jalan tersebut bakal mampu kurangi keterlambatan KA dari arah Barat serta Timur Stasiun Wates. Evakuasi diperkirakan hingga jam 21.00 Wib.

Berdasarkan hasil pengamatan, hingga jam 21.45 Wib gerbong KA Argo Semeru masih terguling menutup jalur. 2 crane mulai tiba sekitar jam 21.00 serta 21.25 Wib guna mempercepat proses evakuasi.

"Untuk jalur yang digunakan KA Argo Semeru tentu saja mengalami kerusakan dan itu nanti kalau KA sudah dievakuasi di atas rel tetap jalur itu akan diperiksa lebih lanjut mengingat bentuk jatuhnya KA itu berserakan. Itu akan mengakibatkan juga jalur atau trek akan berubah konstruksinya," pungkasnya.

"Evakuasi dengan cara mengangkat rangka kereta api yang anjlok yaitu sembilan rangkaian kereta [gerbong] yang terdiri dari delapan kereta eksekutif dan satu kompartemen. Kemudian satu juga ini yang di depan di jalur hulu dari KA Argo Wilis ada satu setelah tadi dilepas lokonya malah menjadi anjlok juga tetapi yang lebih diutamakan yaitu KA Argo Semeru dulu," lanjutnya.

Lebih jauh, Krisbiyantoro mengaku PT KAI pula bakal menggali lebih lanjut penjelasan dari masinis menimpa seberapa jauh andil masinis mengenai terjadinya peristiwa tersebut.

Ia pula mengapresiasi aksi tepat serta taktis yang dilakukan masinis KA Argo Wilis. Dengan aksi tersebut, kerusakan serta korban jiwa lebih banyak bisa dihindarkan.

"KA Argo Wilis kami katakan masinis dengan kejadian seperti ini cukup taktis mengingat melakukan pengereman di saat yang tepat. Ini tidak parah. Mungkin lebih parah bila masinis tidak taktis. Ini kami melihat sudah taktis sehingga biarpun terjadi musibah tetapi tidak parah," terangnya.

Jadi setelah mengetahui cara refund tiket KAI pasca kecelakaan Argo Semeru, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!