Ajak Masyarakat Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda, Gubernur Jatim Khofifah: Promosi ke Dunia Internasional
Gubernur Khofifah dalam pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jatim di Alun-alun Kabupaten Ponorogo (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya para pecinta budaya daerah maupun nasional, untuk ikut menjaga dan melestarikan warisan budaya tak benda, seperti kesenian wayang kulit ataupun Reog Ponorogo yang telah diakui oleh UNESCO.

"Ini (pengakuan UNESCO) menjadi kemajuan yang luar biasa dan sudah sepatutnya kita jaga dan lestarikan bersama untuk mempromosikan budaya nasional ke dunia internasional," kata Gubernur Khofifah dalam sambutan saat menyaksikan pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jatim di Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Minggu dini hari. Dikutip Antara.

Gelaran yang juga dihadiri Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko merupakan titik kedua dari total lima titik rangkaian pagelaran Wayang Kulit yang digelar dalam rangka Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jatim.

Pagelaran wayang kulit itu dibawakan oleh Ki Rudiyanto dari Blitar dengan lakon Wahyu Manik Moyo. Sedangkan Limbukan atau lawakan dibawakan oleh Cak Kirun dan Cak Marwoto.

Si tengah adegan limbukan, Gubernur Khofifah menyempatkan menyapa ribuan masyarakat yang hadir sekaligus berdialog santai bersama Cak Kirun dan Cak Marwoto. Menurutnya, seni wayang kulit bukan hanya digelar untuk sekedar menghibur tapi sarat pesan moral dan etika dalam kehidupan.

Wayang telah ditetapkan oleh UNESCO sejak 7 November 2003 sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi dan warisan budaya yang indah dan berharga. Kemudian kembali masuk Warisan Budaya Tak Benda UNESCO per tanggal 4 November 2008 di Istanbul Turki.

Menurut Khofifah, pengakuan UNESCO pada wayang menjadi prestasi membanggakan bagi Indonesia, sehingga bisa menjadi alat mempromosikan, melestarikan, dan memahami warisan budaya Indonesia. Karena itu, pihaknya menggelar wayang di lima titik di Jatim.

"Bukan tanpa alasan, ini sebagai upaya pelestarian wayang yang sudah diakui UNESCO agar makin intensif dan bisa menginspirasi dan mendidik generasi mendatang," katanya

Khofifah menambahkan banyak sekali filosofi kehidupan yang bisa dinarasikan melalui wayang dan seni dalam pewayangan tidak mudah ditirukan oleh teatrikal dan drama karena ceritanya yang panjang dan sarat nilai nilai filosofis baik kesejarahan, kehidupan, maupun perjuangan.

"Wayang menjadi ikon budaya yang mendunia dan menjadi pintu gerbang untuk memahami lebih dalam tentang budaya Indonesia," katanya.

Lebih lanjut ia juga mengajak seluruh masyarakat Jatim terus menjaga kedamaian, ketenteraman, persatuan, dan persaudaraan jelang Pemilu 2024. Menurutnya, siapapun pemimpin Indonesia hasil Pemilu terpilih nantinya merupakan kader terbaik bangsa.

"Maka dari itu jaga persaudaraan dan persatuan saat Pemilu. Sanggup nggeh (sanggup ya)," ajak Gubernur Khofifah yang langsung dijawab dengan antusias oleh masyarakat yang hadir.

Wejangan Gubernur Khofifah ini ditanggapi Cak Kirun. Ia mengatakan perhatian Gubernur Khofifah terhadap seni wayang dilandasi pada Pancasila dan agama, sehingga upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa terus terjaga.

"Beliau mengamati dan menaruh perhatian terhadap wayang, maka diibaratkan seperti tokoh pewayangan Kunti Tali Broto yang mana mengayomi masyarakat Jatim berdasarkan asas Pancasila," katanya.