Cuaca Jumat 15 Desember: Waspada Angin Kencang di Banten dan Jabar
Ilustrasi angin kencang (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Jumat 15 Desember 2023. Prakirawan Syndhy Indah Pratiwi mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi angin kencang di wilayah Banten dan Jawa Barat.

“Prakiraan angin permukaan wilayah Indonesia umumnya didominasi angin yang bertiup dari arah selatan hingga barat dengan kecepatan angin berkisar antara 10 hingga 30 km. Waspadai potensi angin kencang yang diperkirakan terjadi di wilayah Banten dan Jawa Barat,” ujar Syndhy dalam keteranganya.

Mengenai prakiraan tinggi gelombang laut, Syndhy mengatakan, ada potensi gelombang laut tinggi di wilayah Indonesia berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter di Samudra Hindia Barat Sumatera.

Kemudian Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara, selanjutnya di Laut Natuna Utara, dan di Samudra Pasifik Utara Maluku Utara hingga Papua.

Selanjutnya ada sirkulasi siklonik di perairan barat Aceh, di Selat Karimata, yang disertai adanya tekanan rendah di Samudra Pasifik Utara Papua hari ini.

"Hal ini menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di wilayah tersebut,” kata Syndhy.

Untuk suhu udara di kota-kota besar di Tanah Air, berkisar antara 20 hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan udara berkisar antara 50 hingga 100%.