Tepis Anggapan Anies, Indonesia Hanya Penonton, Airlangga: Kita Memimpin di Forum Internasional
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menepis pernyataan capres nomor urut 1, Anies Baswedan yang menyebut posisi Indonesia saat ini hanya menjadi penonton dalam kancah global.

Ia menegaskan posisi Indonesia selalu jelas, terutama dalam berbagai forum internasional. Ia bahkan menyebut dalam KTT G20, keputusan yang dilontarkan RI menjadi pertimbangan negara-negara di dunia.

"Kepemimpinan G20 itu Indonesia bukan hanya duduk dan diam dan hadir, kita memimpin. Bapak Presiden datang ke Ukraina, Bapak Presiden datang ke Uni Soviet, ke Rusia, dan kita dihargai," kata Airlangga kepada wartawan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 7 Januari.

"Indonesia bukan hanya mewarnai, tetapi menentukan arah politik luar negeri pada saat KTT G20," sambungnya.

Airlangga menyebut keputusan tersebut kemudian diadopsi oleh APEC dalam pertemuan di Bangkok, Thailand. Selain itu, ia juga memberi contoh saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menujukkan peran Indonesia melalui pertemuan APEC di Amerika Serikat.

Airlangga mengatakan dalam forum kerja sama ekonomi tersebut, Indonesia diundang ke Washington DC sehingga dapat menggelar pertemuan bilateral dengan Amerika Serikat.

"Kepemimpinan Indonesia itu luar biasa. Indonesia adalah negara selatan yang dianggap leader dari global south," jelas Airlangga.