Cuaca Selasa 9 Januari, Waspada Hujan Disertai Petir di 13 Kota Besar Tanah Air
Ilustrasi hujan petir (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Selasa 9 Januari. Prakirawan Bagas Briliano meminta masyarakat waspada hujan disertai kilat/petir di 13 kota besar Tanah Air.

Menurutnya, BMKG telah memantau sirkulasi siklonik di Selat Karimata dan Samudra Hindia arah Sumatra yang menyebabkan peningkatan awan hujan di kawasan-kawasan ini.

Di Pulau Sumatera, hujan disertai kilat/petir diprediksi terjadi di Kota Pekanbaru, Padang, Tanjungpinang, Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung.

“Di Pulau Jawa, waspada hujan disertai kilat/petir di Kota Serang, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, sedangkan Kota Jakarta hujan ringan, dan Semarang hujan sedang,” ungkap Bagas dalam siaran Info BMKG 9 Januari.

Berlanjut ke Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan disertai kilat dan petir diprediksi terjadi di Kota Mataram. Sementara itu Kota Denpasar bakal berawan, dan Kota Kupang hujan ringan.

Di Pulau Kalimantan, waspada hujan disertai kilat/petir diprediksi di Kota Pontianak, dan Banjarmasin.

Di Pulau Sulawesi, mayoritas kota besarnya diprediksi hujan ringan dan sedang, kecuali Kota Manado yang berawan. Kondisi hujan ringan dan sedang juga diprediksi terjadi di wilayah timur Indonesia yang mencakup Kota Ambon, Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

“Suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar antara 20 hingga 34 derajat celsius, dengan kelembapan udara antara 55 hingga 100 persen,” kata Bagas.