2 Caleg DPRD Manokwari Meninggal, KPU: Surat Suara Tak Bisa Diubah Lagi
Petugas KPPS menyusun surat suara dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Kantor KPU Jaktim, 18 Desember 2023. (ANTARA FOTOM Adimaja)

Bagikan:

PAPUA BARAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Provinsi Papua Barat mengungkapkan, dua calon legislatif (caleg) untuk DPRD Kabupaten Manokwari dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Manokwari, Sidarman mengatakan, kedua caleg tersebut sudah ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) pada Pemilu 2024.

“Menjelang pemilihan ini, kami dapat informasi di akhir tahun 2023 kemarin ada dua caleg yang sudah ditetapkan dalam DCT meninggal dunia,” katanya di Manokwari, Papua Barat, Selasa 9 Januari, disitat Antara.

Ia mengatakan, dua caleg yang meninggal dunia tersebut berasal dari dua partai berbeda, namun keduanya berada di daerah pemilihan (dapil) yang sama, yaitu dapil 4.

Meskipun KPU Manokwari sudah menerima kabar tersebut secara lisan, ia mengatakan, sesuai aturan KPU Manokwari tetap menunggu surat pemberitahuan resmi dari partai politik (parpol) dari kedua caleg tersebut.

“Kita sudah komunikasi ke parpol untuk segera menyurat secara resmi ke KPU Manokwari untuk menyampaikan dan melengkapi administrasi kematian dan sebagainya,” ujarnya, tanpa menyebut nama parpol.

Ia menambahkan, setelah KPU Manokwari menerima surat resmi dari parpol, selanjutnya KPU akan menyampaikan pada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di dapil 4 untuk mengumumkan di hari pencoblosan bahwa ada dua caleg yang telah meninggal dunia.

“Karena surat suara tidak bisa diubah lagi, karena namanya sudah dicetak, bahkan logistik surat suara caleg Manokwari sudah dalam pengiriman ke sini,” terangnya.

Ia mengatakan, dengan pengumuman itu pendukung kedua caleg bisa memilih yang caleg lain. Namun, apabila kedua caleg yang sudah meninggal tersebut tetap dicoblos, maka suaranya masuk ke suara parpol.

“Langkah yang bisa diambil KPU hanya itu sesuai undang-undang yang berlaku. Begitu juga kalau ada caleg yang mengundurkan diri, akan diumumkan pada hari pencoblosan,” katanya.