Pemkot Wacanakan Revitalisasi 4 Benteng Kolonial di Ternate
Benteng Kalamata, salah satu destinasi wisata di Kota Ternate (Abdul Fatah)

Bagikan:

TERNATE - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate berencana untuk melakukan revitalisasi lima benteng peninggalan kolonial yang ada di daerahnya.

"Kota Ternate memiliki lima benteng peninggalan bangsa Eropa dan sampai saat ini masih ada dan berdiri kokoh," kata Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman di Ternate, Maluku Utara (Malut), Jumat 2 Februari, disitat Antara.

Adapun lima benteng kolonial peninggalan dari bangsa Eropa tersebut, yakni Benteng Toloko, Benteng Kalamata, Benteng Kastela, Benteng Kota Janji, dan Benteng Oranje.

"Benteng-benteng dari bangsa asing itu masih berdiri kokoh di Kota Ternate, dari Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris," ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkot Ternate akan terus berkomitmen melestarikan peninggalan sejarah itu agar situs tersebut menjadi ikon Kota Ternate.

"Sejauh ini, dari lima benteng peninggalan kolonial itu, satu diantaranya sudah direvitalisasi, yakni Benteng Oranje," katanya.

Sedangkan empat benteng peninggalan kolonial lainnya, kata dia, baru berupa wacana untuk proses revitalisasi secara bertahap.

"Adanya warisan tersebut insya Allah menjadi kekuatan ekonomi dan dalam pergerakan memperkuat basis pariwisata yang ada di Kota Ternate," tandasnya.