Cara Daftar Mudik Gratis Dishub Jabar, Siap Rebutan Mulai 1 Maret
Cara daftar mudik gratis Dishub Jabar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Para perantau sudah berburu dan berebut tiket mudik lebaran 2024. Tiket mudik lebaran sudah dijual sejak sebelum bulan Ramadan, baik untuk perjalanan kereta api, bus, dan lainnya. Masyarakat juga berkesempatan untuk memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah daerah.

Dishub Jawa Barat membuka program mudik gratis bagi pekerja atau keluarga yang merantau. Ada sebanyak 54 armada bus yang siap dijalankan dalam program mudik lebaran tahun ini. Lantas bagaimana cara daftar mudik gratis Dishub Jabar untuk bisa pulang kampung tanpa mengeluarkan biaya transportasi?

Sebanyak 3.000 tiket gratis disediakan oleh Dishub Jabar untuk membantu masyarakat yang ingin mudik menjelang hari raya Idul Fitri nanti. Program mudik gratis ini memfasilitasi perjalanan dari luar kota menuju Jabar maupun dari Jabar menuju luar kota. Pendaftaran mudik gratis ini dibuka mulai 1-25 Maret mendatang. 

Syarat Mudik Gratis Dishub Jabar

Program mudik gratis Dishub Jabar tidak hanya disediakan untuk warga yang berKTP Jawa Barat, namun juga bagi orang-orang yang tinggal atau berada di Jabar dan ingin pulang kampung ke daerah lain. Untuk kota-kota yang menjadi tujuan mudik gratis ini meliputi Solo, Yogyakarta, Pangandaran, Sukabumi, Tasikmalaya, Kuningan, dan Bandung. 

Berikut ini beberapa persyaratan untuk bisa ikut mudik gratis 2024 dari Dishub Jabar:

  • Warga negara Indonesia (WNI) 
  • Satu orang pendaftar mudik gratis hanya diperbolehkan untuk mendaftar satu kali: 1 tiket pada 1 NIK (Nomor Induk Kependudukan) 
  • Pendaftar mudik gratis boleh ikut menjadi peserta mudik dan juga boleh tidak ikut atau hanya mendaftarkan keluarganya 
  • Pendaftaran harus menggunakan NIK KTP atau NIK Kartu Keluarga (KK) bagi yang tidak punya KTP

Setelah menyelesaikan registrasi, calon pemudik wajib melakukan konfirmasi atau daftar ulang maksimal tiga hari setelah pendaftaran. Jika belum melakukannya melewati batas waktu tersebut maka tiket dinyatakan hangus. Saat melakukan konfirmasi, pemudik bisa membawa dokumen berupa KTP (asli maupun fotokopi) dan KK (asli maupun fotokopi).

Cara Daftar Mudik Gratis Dishub Jabar

Pendaftaran mudik gratis Dishub Jabar dapat dilakukan secara online maupun offline. Bagi yang ingin mendaftar secara online sebagai peserta mudik, bisa dilakukan melalui aplikasi Mudik Gratis Jabar 2024. Sementara pendaftaran offline dilakukan dengan mendatangi langsung ke kantor UPTD (Kantor Dishub dan Terminal).

Untuk pendaftaran offline, Anda bisa melakukan konfirmasi langsung ke kantor UPTD dan membawa dokumen yang diperlukan. Misalnya untuk pendaftaran offline mudik gratis tujuan Kota Yogyakarta dan Solo, calon pemudik dapat mendatangi kantor perwakilan Jawa Barat. Pendaftar offline akan menerima cetak tiket, setelah petugas memasukkan data registrasi calon pemudik ke sistem. 

Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk datang ke kantor UPTD, sebaiknya lakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Mudik Gratis Jabar 2024. Berikut ini cara daftar mudik gratis Dishub Jabar online:

  1. Unduh aplikasi Mudik Gratis Jabar 2024 yang tersedia di PlayStore dan instal di ponsel Anda
  2. Silakan membuat akun, kemudian login dengan akun yang sudah terdaftar 
  3. Lanjut pilih menu ‘Registrasi’
  4. Kemudian pilih tujuan, PO bus, dan kursi
  5. Masukkan data NIK, nama, dan unggah foto KTP/KK 
  6. Setelah registrasi, lakukan konfirmasi sesuai lokasi yang disediakan

Perlu diingat bahwa kuota mudik gratis Dishub Jabar 2024 disediakan secara terbatas, yakni sebanyak 3.000 tiket. Jadi masyarakat yang berminat mengikuti program mudik gratis ini diharapkan untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan dan melakukan pendaftaran lebih cepat selagi kuota masih tersedia. 

Demikianlah informasi cara daftar mudik gratis Dishub Jabar untuk lebaran 2024. Selain Dishub Jabar, pemerintah daerah lain juga menyediakan program mudik gratis yang bisa dimanfaatkan oleh para perantau. Baca juga tips buka puasa di jalan saat mudik.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.