Aksi Demo Depan Gedung DPR RI, Massa Bakar Ban dan Teriak ‘Jokowi Mundur’
Demo di depan Gedung DPR RI soal pemakzulan Jokowi/ Foto; Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Massa penentang rezim Jokowi yang menggelar aksi pemakzulan terhadap presiden nekat membakar ban mobil saat menggelar aksi unjukrasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Maret.

Sekelompok massa gabungan dari berbagai elemen berkumpul di depan pagar Gedung DPR/MPR RI untuk memprotes dan menuntut Jokowi turun dari jabatannya. Mereka meluapkan kemarahannya, mereka membakar ban bekas sebagai simbol perlawanan.

Pembakaran ban bekas dilakukan di tengah Jalan Jenderal Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Kobaran api terus membesar dan kepulan asap hitam terus membumbung di udara.

"Jokowi Mundur! Jokowi Mundur! Allahu Akbar!," kata salah satu orator aksi, Selasa, 5 Maret.

Dalam tuntutannya, para peserta demo menolak pemilu curang. Mereka juga menuntut pemakzulan Jokowi. Namun, ada juga pihak yang justru menolak pemakzulan.

Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan pasukan gabungan untuk mengamankan aksi unjukrasa ini. Ribuan personel dikerahkan untuk menjaga aksi para pendemo di depan Gedung DPR RI.

"Polri terjunkan 3.929 personil gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres jajaran PMJ, TNI, Pemda DKI dan Instansi terkait," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi, Selasa, 5 Maret.