Puncak Arus Mudik, 24.000 Penumpang Tiba di Stasiun Daop 6 Yogyakarta
Ilustrasi kereta api jarak jauh (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memasuki masa mudik Lebaran, jumlah penumpang kereta api yang tiba di stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta mengalami peningkatan signifikan.  

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, puncak arus mudik Lebaran terjadi pada hari Jumat dan Sabtu dengan jumlah penumpang baik yang naik ataupun turun sebanyak 24.000 penumpang.

"Di Daop 6 Yogyakarta ini memang terjadi puncak angkutan Lebaran yang terjadi tanggal 5 April kemarin dengan jumlah untuk penumpang jarak jauh 24.000. Kemudian pada tanggal 6 April, penumpang naik sebanyak 22.187 dan penumpang turun sebanyak 22.525," kata Krisbiyantoro dalam keteranganya, Minggu 7 April.

Menurut Krisbiyantoro, secara akumulatif jumlah penumpang di wilayah Daop 6 Yogyakarta dengan tujuan kota-kota di Pulau Jawa yang naik sebanyak 127.881 orang dan yang turun sebanyak 121.129 terhitung sejak H-10 hingga H-3 Lebaran.

Sementara Rizky, salah seorang penumpang yang baru tiba di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta mengatakan dirinya memilih menggunakan moda transportasi kereta api untuk menghindari kemacetan saat arus mudik Lebaran.

"Untuk menghindari macet saja, tahun sebelumnya sempat ngebus juga soalnya tiket keretanya kehabisan, ya udah naik bus saja tetapi waktu itu malah kena macet," ujar Rizky.