Rusia: AS Adalah Alasan DK PBB Tak Dapat Hentikan Konflik Iran-Israel
Tangkapan layar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova saat konferensi pers yang disaksikan di Jakarta, Kamis (18/4/2024). ANTARA/Kuntum Riswan.

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menilai Amerika Serikat adalah alasan mengapa Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak dapat menghentikan konflik antara Iran dan Israel.

“Mengapa Dewan Keamanan PBB gagal mengatasinya? Karena pekerjaan itu diblokir oleh Amerika Serikat. Itulah satu-satunya alasan. Rusia mencoba mengerahkan pekerjaan Dewan Keamanan PBB dan dengan cara yang sama, AS akan terlibat dalam kegiatan diplomatik ini,” kata Zakharova dilansir ANTARA, Kamis, 18 April.

Penjelasan Iran mengenai tanggapannya terhadap serangan Israel di konsulat Iran di Suriah, lanjutnya, dapat dicegah jika Dewan Keamanan PBB mengutuk keras tindakan ilegal tersebut.

“Saya tidak melihat tanggapan Dewan Keamanan yang bertujuan untuk menjamin keamanan internasional untuk semua orang, dan (Iran) terpaksa melakukan serangan balasan. Pada saat yang sama Iran, mengandalkan lembaga-lembaga hukum internasional, yang dapat membantu dalam situasi seperti ini,” ucapnya.

Zakharova menilai semua komunitas internasional perlu melakukan konsolidasi untuk mendesak Amerika Serikat untuk berhenti melakukan pemblokiran kerja Dewan Keamanan dalam kasus-kasus yang jelas memerlukan upaya Dewan Keamanan PBB untuk mencegah eskalasi ini.

Dia menekankan langkah yang diambil pihak Iran pada malam tanggal 14 April bersifat terbatas dan terkalibrasi serta menurut pernyataan pejabat Iran, serangan balik tersebut dipicu oleh serangan Israel pada 1 April.

“Iran telah secara terbuka menyatakan bahwa operasi militer yang merupakan reaksi terhadap tindakan permusuhan Israel telah berakhir dan tidak akan dilanjutkan kecuali Israel terlibat dalam provokasi baru,” tuturnya.

 

Oleh karena itu, lanjutnya, penting bagi semua pihak untuk menjaga agar situasi tidak berubah menjadi de-eskalasi tak terkendali yang mengancam dampak paling serius bagi seluruh Timur Tengah.

“Rusia melakukan semua yang kami bisa untuk mencapai tujuan (deeskalasi) itu,” tegas dia.