Gerhana Bulan Supermoon dapat dilihat Di Jogja Bagian Gunung Kidul, Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Yogyakarta
Ilustrasi Supermoon (PIXABAY)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nampaknya fenomena Supermoon di bulan ini telah terjadi pada tanggal 26-27 kemarin. NASA menyatakan bahwa Bulan akan tampak penuh selama sekitar tiga malam. Akan terjadi Supermoon Flower Moon pada Rabu (26/5) pukul 00.13.

Hampir di setiap kawasan seluruh penjuru Daerah Istimewa Yogyakarta selama beberapa hari ini bisa melihat fenomena Supermoon langka tersebut. Namun bagi yang belum sempat melihatnya jangan khawatir karena masih ada fenomena yang sama bulan depan.

Gerhana Bulan dan Supermoon

11 Mei - Bulan baru

Pada fenomena yang terjadi sebulan sekali ini, bulan akan berada pada sisi yang sama dengan sang surya, sehingga sinarnya tak akan kelihatan dari bumi.

Bulan baru merupakan waktu yang pas untuk melihat obyek-obyek astronomi redup seperti galaksi dan gugusan bintang. Ini sebab cahaya bulan tak akan mengganggu pengamatan.

26 Mei - Supermoon

Bulan purnama pada tanggal ini akan menjadi supermoon kedua pada 2021.

Ketika supermoon, bulan akan berada pada spot terdekat dengan bumi dan akan tampak sedikit lebih besar dan lebih jelas dari bulan purnama umumnya.

26 Mei - Gerhana bulan total

Fenomena ini terjadi ketika seluruh bulan melewati bayangan gelap bumi (umbra). Pada gerhana total, biasanya bulan akan menjadi gelap secara bertahap, lalu berubah warna menjadi merah darah.

Gerhana bulan total ini akan terlihat di seluruh wilayah Samudra Pasifik, sebagian Asia Timur, Jepang, Australia, dan bagian barat Amerika Utara.

Selain Gerhana Bulan Supermoon ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!