Masih Pandemi, Anies Baswedan Ingatkan Silaturahmi Bisa Manfaatkan Teknologi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan keluarga (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memahami banyak masyarakat yang rindu melakukan silaturahmi secara langsung dengan keluarga di kampung halaman.

Hanya saja, dia mengingatkan ini merupakan kali kedua umat Islam di tanah air harus merayakan Idulfitri di tengah pandemi COVID-19.

Sehingga, semua pihak tanpa terkecuali harus menahan dan menjaga diri tak melakukan mobilitas. Hal ini harus dilakukan demi mencegah penularan virus di tengah masyarakat.

"Kita semua menyadari bahwa suasana lebaran pasti menyimpan rasa rindu silahturahmi dengan orang-orang yangg kita cintai, dengan orang tua, dengan keluarga di kampung halaman. Tapi, kita masih dihadapkan dengan situasi dimana kita harus menjaga diri," kata Anies dalam tayangan yang diunggah ke Instagramnya @aniesbaswedan, Kamis, 13 Mei.

Dia pun menyarankan, siapapun yang ingin bersilaturahmi sebaiknya dapat memanfaatkan teknologi yang ada. 

"Demi untuk melindungi orang-orang yang kita sayangi dari keterpaparan COVID-19, karena itulah perayaan ini diharapkan kita semua tetap bersilaturahmi tapi memanfaatkan teknologi mengurangi interaksi langsung yang bersentuhan," ungkapnya.

Anies berharap lebaran tahun ini dapat membawa keberkahan. "Insyaallah kita golongan kemenangan. Benar-benar menang orang-orang yang kedisiplinannya bisa benar-benar menang menghadapi COVID-19," ujarnya.

Menambahkan pernyataan Anies, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria ingin agar masyarakat Jakarta bisa terus mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya, agar kehidupan di Ibu Kota bisa kembali berjalan normal.

Dia juga mengapresiasi seluruh masyarakat, khususnya mereka yang menjalankan ibadah di luar rumah. Sebab, mereka telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik sehingga secara perlahan masjid mulai kembali melaksanakan kegiatan peribadahan.

"Alhamdulilah pada tahun ini kita telah memulai secara perlahan untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadan di masjid dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat," kata Riza.

Namun dia tetap mengingatkan siapapun untuk tetap berada di rumah saat pandemi serta menjalankan seluruh protokol demi mencegah penularan virus.

"Kami mengimbau agar warga tetap berada di rumah, menghindari kerumunan, disiplin menggunakan masker, dan cuci tangan," pungkasnya.