Kepala BNPB Doni Monardo Diganti Ganip Warsito
Kepala BNPB Doni Monardo (Foto: dokumentasi BNPB)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Doni Monardo.

Pelantikan dijalankan di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Selasa, 25 Mei, sekitar pukul 10.30 WIB. Berakhir Presiden melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Istana Negara, Jakarta.

Doni Monardo Akan Pensiun

Pergantian ini dijalankan menyusul Doni akan menjelang masa pensiun dari dinas kemiliteran pada 1 Juni 2021.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan, Presiden Jokowi menginginkan adanya tradisi seorang perwira tinggi aktif untuk posisi Kepala BNPB.

"Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip akan dilantik Selasa pagi," kata Pratikno.

Diketahui, Letjen TNI Doni Monardo telah mengemban Kepala BNPB sejak 9 Januari 2019. Sebelum di BNPB, ia pernah mengisi posisi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

Doni merupakan jebolan akademi militer (akmil) 1985 yang memiliki pengalaman dalam bidang infanteri.

Sementara Letjen TNI Ganip Warsito merupakan mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Ganip baru menjabat sebagai Kasum TNI selama tiga bulan lebih usai dilantik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 1 Februari 2021 lalu.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 ini berpengalaman di bidang infanteri. Dia pernah menjabat sebagai Pangkogabwilhan III, Pangdam XIII/Merdeka, Asops Panglima TNI, dan Pangkogabwilhan III.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Kepala BNPB Doni Monardo Diganti, Presiden Lantik Ganip Warsito, saatnya merevolusi pemberitaan!