Cara Menengok Kesehatan Baterai Android, Wajib Tahu Agar Baterai Lebih Tahan Lama
Cara mengecek kesehatan baterai HP Android (Android Authority)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seiring waktu berjalan sejak Anda pertama kali membeli ponsel, baterai menjadi komponen yang pertama kali menunjukkan kerusakan. Bisa dalam bentuk baterai yang cepat panas, kapasitas cepat habis, dan daya tahan yang tak lagi panjang.

Tenang, masalah ini tak hanya dialami Anda saja. Hampir semua pengguna ponsel Android juga menghadapi hal serupa. Dan jika sudah mengetahui, Anda tentu ingin mencari cara mengecek kesehatan baterai Android.

Menengok Kesehatan Baterai Android

Sehingga, Anda bisa memastikan kondisi baterai kapan pun dan di mana pun. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai tolak ukur untuk menjalankan cara menjaga kesehatan baterai.

Cara Cek Kesehatan Baterai Android

Kali ini, tim VOI sudah menyiapkan beberapa cara mengecek kesehatan baterai Android yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Ya, tak perlu pergi mendatangi pusat perbaikan atau tukang servis. Cukup Anda melakukan beberapa langkah di bawah ini.

Menggunakan Kode Dial di Telepon

Android memiliki beberapa kode tersembunyi yang bisa diakses untuk mengetahui informasi tertentu seputar perangkat. Tak terkecuali informasi terkait kesehatan baterai.

Untuk mengecek kesehatan baterai HP lewat kode dial, Anda bisa mengetikkan kode *#*#4636#*#*. Sayangnya, hasil uji coba penulis pada ponsel Xiaomi, kode tersebut cuma menunjukkan informasi seputar jaringan perangkat saja.

Tapi tidak menutup fakta bahwa kode dial tersebut bisa dipakai untuk mengecek kesehatan baterai. Soalnya, sudah banyak pengguna yang mengaku bisa mendapat informasi lebih akurat ketika mengakses informasi dari kode dial tersebut.

Baca selengkapnya di: Cara Mengecek Kesehatan Baterai Android, Wajib Tahu Agar Baterai Lebih Tahan Lama.