Baik untuk Diet, Ternyata Seledri Juga Bisa Jadi Obat Darah Tinggi
Ilustrasi (Roman Odintsov/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seledri ternyata tak cuma bisa dijadikan sebagai penyedap rasa dan aroma pada masakan. Faktanya seledri memiliki manfaat baik bagi penderita darah tinggi. Mungkin kita kerap menemukan seledri sebagai bahan dapur untuk pelengkap sajian makanan. Meskipun kini sudah banyak kelompok gerakan gaya hidup sehat yang menjadikan seledri sebagai jus untuk konsumsi sehari-hari.

Tak cuma nikmat bagi pelengkap makanan, seledri memiliki keberagaman manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

Obat Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana jantung akan bekerja begitu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami sakit kepala sampai penyakit jantung.

Melansir dari laman hellosehat.com sebuah penelitian menemukan fakta bahwa mengonsumsi jus seledri bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

Bukan cuma itu, biji seledri juga mampu menurunkan tekanan darah berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Natural Medicine Journal, seperti dilansir dari laman Herstory, Kamis, 12 Agustus.

Seledri yang baik bagi penderita hipertensi lantaran mengandung apigenin dan phthalates. Zat tersebut merupakan senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah penyempitan pembuluh darah dan memperlambat tekanan jantung. Sehingga tekanan darah dapat berkurang.

Phthalates dalam seledri juga dapat mengendurkan dan merelaksasikan otot-otot pembuluh darah yang tentunya baik untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Sejatinya seledri kaya akan nutrisi baik untuk menurunkan tekanan darah diantaranya kalium, zat besi, magnesium, serat, dan vitamin C. Misalnya kandungan kalium pada seledri berfungsi untuk menyeimbangkan natrium yang merupakan salah satu penyebab dari hipertensi.

Melihat khasiat seledri yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi, sejatinya bukan berarti dapat menjadikan seledri sebagai satu-satunya cara. Sebab tetap dibutuhkan pola dan gaya hidup yang sehat seperti menjaga makanan serta olahraga yang teratur.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Selain Baik untuk Diet, Ternyata Seledri Juga Bisa Jadi Obat Darah Tinggi, saatnya merevolusi pemberitaan!