Berita Eksklusif, Rosan Roeslani: Olimpiade Tokyo 2020 Capaian Medali Indonesia Meningkat, Peringkat Turun
Rosan Roeslani. (Foto Savic Rabos, DI Raga VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam tiap-tiap perlombaan ada yang menang dan ada yang keok, itu merupakan sebuah keniscayaan. Sebab itu Rosan Perkasa Roeslani sebagai Kepala Rombongan Regu Indonesia sungguh-sungguh memaklumi apa yang telah diraih oleh regu Indonesia di olimpiade kali ini. Prestasi regu Indonesia apabila diperbandingkan dengan olimpiade sebelumnya di Rio de Jeneiro 2016 dalam perolehan medali meningkat, tapi secara peringkat akhir menurun.

Terhadap semua atlet Indonesia yang telah bertanding di pesta olahraga empat tahunan ini, Rosan memang tak menargetkan perolehan medali dalam jumlah tertentu. Tapi yang ia tandaskan merupakan berperilaku atau berprestasilah yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Peringkat Turun

“Saya memang tidak menargetkan kepada atlet untuk meraih sekian medali. Cuma yang kami tekankan adalah berbuatlah yang terbaik. Kalau sudah berbuat yang terbaik namun kenyataannya belum dapat medali, ya apa mau dikata. Kali ini tim Indonesia membawa pulang 5 medali. Satu medali emas, satu perak dan tiga perunggu. Dari sisi peringkat Indonesia berada di urutan ke-55. Dibandingkan olimpiade sebelumnya peringkat kita turun (peringkat sebelumnya 46), tapi dari perolehan medali meningkat. Sebelumnya hanya 3 medali (satu emas dan dua perak) sekarang 5 medali,” ujarnya Ketua Umum PB PABSI (Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia) ini.

Medali emas disumbangkan oleh cabor yang sudah tradisi meraih medali di ajang olimpiade. Kali ini cabor bulu tangkis berhasil menyumbang satu medali emas dan satu medali perunggu. Emas diraih pasangan ganda putri Greysia Polii dan Apriani Rahayu sedangkan perunggu oleh tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Sementara tiga medali lainnya didapat dari cabor angkat besi, Eko Yuli Irawan meraih perak, serta Windy Cantika Aisah dan Erwin Abdullah sama-sama sumbang perunggu.

Kiprah Rosan Roeslani terbilang komplit, sebagai pengusaha bersama sahabatnya Sandiaga Uno dia membangun Recapital, sebuah group yang menaungi beragam bidang usaha. Saat ini ia menjabat sebagai Presiden Direktur Recapital Advisor. Dia juga tercatat sebagai pucuk pimpinan dan komisaris di beberapa perusahaan ternama seperti Visi Media Asia Tbk., (Presiden Komisaris), PT Bumi Resources Tbk., (Presiden Komisaris), PT Selaras Indah Sejati (Presiden Komisaris) dan masih banyak lagi perusahaan dan organisasi profesi yang ia jabat. Rosan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia 2015-2021 dan sebagai Wakil Ketua Dewan Penyantun, MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) 2021 – sekarang.

Baca Selengkapnya di: Eksklusif, Rosan Roeslani; Olimpiade Tokyo 2020 Capaian Medali Indonesia Meningkat, Peringkat Turun