Viral! Aksi Pemogokan Streamer Pengaruhi Jumlah Pemirsa di Twitch
Para streamer di twitch lakukan aksi pemogokan yang mengurangi jumlah pemirsa. (foto ella don unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Streamer Twitch ramai-ramai “meliburkan diri” pada 1 September untuk memberi perhatian pada serangan kebencian yang terus-menerus melanda platform tersebut dalam beberapa minggu terakhir.

Sementara padangan skeptis menyorot ide itu, menunjukkan bahwa peserta pemogokan tidak cukup berpengaruh untuk mempengaruhi perubahan lalu lintas yang signifikan. Menurut data yang dikumpulkan oleh Gamesight, sebuah perusahaan analitik game, Twitch memang melihat penurunan jumlah pemirsa.

Pemogokan Streamer Pengaruhi Jumlah Pemirsa di Twitch

Dalam grafik yang dibagikan dengan The Verge, Gamesight mengukur jumlah saluran aktif (artinya jumlah saluran langsung) dan jam menonton setiap hari selama sembilan hari terakhir pada siang hari Waktu Pasifik.

Menurut data Gamesight, jumlah saluran aktif dan jam tayang pada pukul 12 siang PT pada tanggal 1 September adalah yang terendah dibandingkan dengan delapan hari sebelumnya.

Melihat angka mentahnya, mudah untuk melihat penurunannya. Jika Anda membandingkan data 1 September dengan hari Rabu sebelumnya, hari itu memiliki hampir 1 juta jam lebih sedikit ditonton dan lebih dari 14.000 saluran langsung lebih sedikit daripada minggu sebelumnya.

Tapi ada faktor tambahan yang bisa berkontribusi pada penurunan. DrLupo dan TimTheTatman, dua streamer populer, mengumumkan bahwa mereka meninggalkan Twitch untuk mendapatkan kesepakatan streaming eksklusif dengan YouTube Gaming.

Sekolah-sekolah di AS sudah kembali dalam sesi belajar mereka, dan Gamescom kemungkinan menaikkan angka minggu lalu. Tim analitik data streamer lainnya, CreatorHype, mempertimbangkan semua parameter tersebut dan masih melaporkan bahwa penayangan Twitch turun.

“Berdasarkan data, #ADayOffTwitch berdampak pada jumlah streamer dan penayangan di platform,” tulis Zach Bussey dari CreatorHype. “Bergantung pada bagaimana Anda memenuhi syarat data itu, dampaknya mungkin serendah 5 persen atau berpotensi setinggi 15 persen.”

Tagar #ADayOffTwitch adalah salah satu dari 10 tagar trending teratas untuk hari itu, ini suatu prestasi mengingat muncul beberapa trending seperti Badai Ida yang menghantam New York, diagnosis COVID-19 Joe Rogan, dan pertempuran aborsi di Texas. Acara ini juga menarik perhatian dari streamer besar seperti Hasan Abi dan outlet pers seperti Forbes dan USA Today.

Twitch saat ini sedang mengerjakan masalah serangan kebencian, tetapi belum ada deadline kapan solusi akan tersedia.

Sementara itu, streamer dan perusahaan pihak ketiga telah membuat alat mereka sendiri untuk melawan. Streamlabs, pembuat beberapa alat manajemen aliran paling populer, menggunakan hari itu untuk mengumumkannya membuat Safe Mode. Ini adalah sebuah program gratis yang pada dasarnya dapat menghentikan serangan kebencian yang sedang berlangsung.

Selain data, streamer yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengatur pemogokan merasa senang dengan apa yang telah mereka lakukan. “Melihat seberapa besar pengaruh ini luar biasa bagi saya,” kata ShineyPen, streamer yang memulai #ADayOffTwitch.

Pemogokan itu dirancang untuk memberi perhatian lebih besar pada pelecehan yang secara tidak proporsional diderita oleh pita-pita yang terpinggirkan dan untuk mengagitasi perlindungan proaktif dari Twitch. Tampaknya, setidaknya sebagian, mereka telah mencapai tujuannya.

“Sejujurnya sungguh menakjubkan untuk disaksikan,” kata RekitRaven, pencipta gerakan #TwitchDoBetter. “Rasanya seperti momen yang luar biasa, terutama ketika ada begitu banyak yang meragukan (dan masih meragukan) apa yang kami coba lakukan di ruang ini.”

Penyelenggara juga tahu bahwa satu hari protes tidak cukup.

“Meskipun kami mungkin tidak memukul Twitch secara signifikan berdampak dalam hal keuangan,” kata Lucia Everblack, penyelenggara pemogokan lainnya. “Ketidakhadiran kami benar-benar terasa.”

Artikel ini telah tayang dengan judul: Aksi Pemogokan Streamer Pengaruhi Jumlah Pemirsa di Twitch, saatnya merevolusi pemberitaan!