YOGYAKARTA - Logitech berencana untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2030 dan membuat "iklim positif" sejak saat itu dengan menghilangkan lebih banyak karbon di udara daripada yang dipancarkannya.
“Kami akan menurunkan produksi karbon kami sebagai perusahaan dan semua pemasok dan pelanggannya, hingga 50% pada saat itu, jadi ini adalah komitmen besar,” kata CEO Bracken Darrell kepada CNBC pada Kamis, 9 September.
BACA JUGA:
Komitmen Logitech
“Sebuah pohon mengeluarkan karbon senilai sekitar dua orang dari udara, jadi ini adalah teknologi yang cukup efisien, tetapi kami pikir itu tidak cukup,” kata Darrell. “Sampai ada teknologi di mana kami dapat sepenuhnya menurunkan pengeluaran karbon hingga nol, kami sangat agresif mendesain ulang produk kami untuk keberlanjutan.”
Pengumuman Logitech hari Kamis mewakili janji lingkungan terbaru mereka, seiring tumbuhnya kekhawatiran seputar perubahan iklim dan dampaknya terhadap planet dan ekonomi. Meski begitu, banyak aktivis iklim dan pakar mengatakan Logitech harus lebih agresif dan transparan dalam rencana mereka untuk mengurangi jejak karbon mereka.
Menurut Prakash Arunkundrum, kepala operasi dan keberlanjutan global perusahaan, Logitech, yang membuat periferal komputer seperti keyboard, webcam, dan mouse, mengklaim bahwa produknya sudah “netral karbon” tahun ini. Dia mengatakan Logitech mencapai target itu dengan berinvestasi dalam program-program seperti upaya reboisasi untuk mengimbangi emisi karbon yang ada.
Namun, tujuan nol bersih karbon dari perusahaan ini adalah langkah berikutnya yang lebih ambisius, dan berpusat pada pengurangan emisi dasar hingga setengahnya, setidaknya, pada tahun 2030.
“Offset itu sendiri tidak cukup baik,” kata Arunkundrum dalam sebuah wawancara dengan CNBC. “Apa yang perlu kita lakukan sebenarnya secara fundamental juga mengurangi jejak kita, melalui penggunaan bahan yang lebih berkelanjutan dan lebih banyak energi terbarukan di seluruh rantai pasokan.”
Potongan terbesar jejak karbon Logitech dihasilkan dari sumber dan produksi produk dan kemasannya, menurut situs web perusahaan. Di situlah ia mencoba untuk berubah terlebih dahulu.
Pada akhir tahun ini, misalnya, setengah dari keyboard dan mouse Logitech akan mencakup plastik daur ulang konsumen. "Kami mengambilnya dari sana," kata Darrell. “Kami juga mencari bahan alternatif, tetapi sampai benar-benar tersedia, kami mencoba mengambil apa yang kami gunakan hari ini dan memasukkannya kembali ke dalam produk kami.”
Arunkundrum mengatakan janji keberlanjutan Logitech meluas di seluruh rantai pasokannya dan konsumen yang menggunakan headset, mouse, dan keyboardnya.
"Secara keseluruhan jejak kami, bukan hanya apa yang ada di empat dinding kami, kami akan bertanggung jawab untuk itu dan mencari cara untuk menghilangkan lebih banyak karbon daripada yang dibuat perusahaan,” kata Arunkundrum. “Kami pikir itu bisa dilakukan, itulah sebabnya kami berkomitmen untuk ini.”
“Kita harus mencapai nol bersih. Kita perlu cepat mencapai iklim positif, dan jika kita, perusahaan tikus kecil Logitech, dapat melakukan ini, saya yakin banyak orang lain juga dapat melakukan ini,” katanya. “Semoga ini aspirasi lain yang kami miliki, yaitu untuk benar-benar mendapatkan orang lain yang berpotensi untuk bergabung dengan kami, karena jika kami bisa melakukan ini, saya yakin ada banyak orang lain dengan kantong yang jauh lebih dalam yang dapat dengan mudah melakukan ini.”.
Artikel ini telah tayang dengan judul: Komitmen Logitech untuk Capai Emisi Karbon Nol Persen, Ini Caranya, saatnya merevolusi pemberitaan!