Berita Internasional: Inggris Minta China dan Rusia Setujui Pendekatan Internasional untuk Mencegah Afghanistan jadi Gudang Teroris
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss. (Wikimedia Commons Policy Exchange)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Untuk mencegah Afghanistan menjadi surga bagi teroris, Inggris akan menyerukan China dan Rusia untuk menyetujui pendekatan internasional yang terkoordinasi menurut pernyataan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss di PBB, Rabu.

Para menteri luar negeri dari Inggris, China, Rusia, Amerika Serikat dan Prancis akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres selama Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

Inggris Minta China dan Rusia Setujui Pendekatan Internasional

Inggris, yang dikala ini mengoordinasikan apa yang disebut golongan P5 member konsisten Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, akan menerapkan pertemuan itu untuk menyerukan kerja sama yang lebih besar, guna meningkatkan keamanan internasional dengan konsentrasi khusus pada Afghanistan.

Pengambilalihan pesat oleh Taliban atas Afghanistan menyusul penarikan pasukan Amerika Serikat, Inggris dan NATO bulan lalu, sudah memunculkan kekhawatiran negara itu sekali lagi bisa diaplikasikan sebagai daerah pelatihan bagi para militan Islam.

"Jika kita ingin menghindari Afghanistan menjadi surga bagi teror global, maka komunitas internasional, termasuk Rusia dan China, perlu bertindak sebagai satu kesatuan dalam keterlibatannya dengan Taliban," kata Truss dalam sebuah pernyataan menjelang pertemuan, mengutip Reuters 22 September.

Taliban telah berjanji mereka tidak akan membiarkan Afghanistan, di mana Osama bin Laden merencanakan serangan 11 September 2001, ketika mereka terakhir berkuasa, kembali menjadi tempat yang aman bagi kelompok-kelompok yang berencana menyerang Barat.

Jumat pekan lalu, Presiden Putin juga menyebut perlunya kerja sama ini dalam pertemuan blok keamanan yang dipimpin oleh China dan Rusia, yakni Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO).

Berbicara melalui tautan video pada konferensi yang diadakan di Dushanbe, ibu kota Tajikistan, presiden Putin mengatakan Rusia mendukung konferensi PBB tentang Afghanistan dan kekuatan dunia harus mempertimbangkan untuk mencairkan aset Afghanistan.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Inggris Serukan China dan Rusia Setujui Pendekatan Internasional untuk Cegah Afghanistan jadi Sarang Teroris, saatnya merevolusi pemberitaan!