Berita Otomotif: Honda Akan Gunakan OS Android Automotive Google pada 2022
Honda akan segera meluncurkan kendaraan dengan OS Android Automotive. (foto dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Fitur Android Auto Google baru saja menerima sejumlah peningkatan, termasuk perusahaan akan menyematkan metode operasi Android Automotive ke lebih banyak kendaraan beroda empat, dan untuk pertama kalinya Honda masuk ke dalam daftar.

Honda akan langsung meluncurkan kendaraan dengan OS Android Automotive yang disematkan Google, meliputi Google Assistant, Google Maps, dan aplikasi Android lainnya yang disetujui cara operasi sebagai infotainment default.

Gunakan OS Android Automotive Google pada 2022

Kendaraan Honda pertama dengan Android tertanam akan mulai diluncurkan pada 2022. Produsen mobil Jepang itu tidak mengatakan model mana yang diharapkan untuk mendapatkan sistem infotainment baru terlebih dahulu.

“Kami akan berkolaborasi dengan Google untuk lebih mengintegrasikan layanan dalam kendaraan Google di kendaraan kami termasuk kemampuan untuk menggunakan fitur-fitur seperti Asisten Google, fungsionalitas Google Maps, dan aplikasi dalam kendaraan lainnya yang ditawarkan melalui Google Play dengan lebih mudah,” kata juru bicara Honda seperti dikutip dari The Verge, Jumat, 24 September.

Dikala ini, OS Android Automotive sudah terintegrasi dengan kendaraan beroda empat Ford, GM, dan Volvo tertentu, bersiaplah untuk memandangnya dalam banyak merek dan contoh baru, seperti Chevy Silverado dan Renault Mégane E-Tech.

Perlu dicatat, Android Automotive berbeda dari Android Auto. Di mana Android Automotive merupakan metode infotainment default kendaraan beroda empat, mengontrol semua sesuatu mulai dari musik, navigasi sampai pemanas dan pendingin udara, meskipun Android Auto diproyeksikan dari ponsel ke tampilan dasbor kendaraan beroda empat dan berfungsi sebagai pesaing CarPlay Apple.

Diketahui dari Engadget, Google memperkenalkan aplikasi Android Auto pada 2015, memungkinkan pengemudi menjalankan koneksi tertambat antara ponsel cerdas mereka dan sistem stereo kendaraan mereka untuk memutar musik dari perangkat, membuat petunjuk arah belokan demi belokan Maps dibaca dengan keras, dan menerima panggilan melalui suara.

Dalam enam tahun sejak itu, Android Auto dan sistem infotainment yang mereka operasikan menjadi jauh lebih pintar. Meskipun Android Auto telah dirancang untuk meminimalkan gangguan pada pengemudi saat di jalan, pada awalnya menghubungkan ponsel ke infotainment atau sistem stereo hingga saat ini sudah menjadi segalanya.

Baca selengkapnya di: Honda Bakal Gunakan OS Android Automotive Google pada 2022