Terhambat karena Pemberitaan Jelek Terhadap Platformnya, Facebook Akui Tunda Proyek Instagram Kids
Facebook sementara tunda peluncuran Instagram Kids (foto dok unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Proyek Instagram Kids yang digadang-gadang ramah terhadap perkembangan anak nampaknya belum menemui titik temu karena pihak Facebook masih menundanya. Namun Facebook berjanji akan terus mengawasi untuk akun-akun anak remaja.

"Aplikasi itu rencananya ditujukan untuk anak-anak usia 10 hingga 12 tahun," ujar Bos Instagram Adam Mosser.

"Meskipun kami percaya membangun Instagram Kids adalah hal yang benar untuk dilakukan, Instagram, dan perusahaan induknya Facebook, akan mengevaluasi kembali proyek tersebut di kemudian hari," ungkap Facebook dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari CNBC Internasional, Selasa, 28 September.

Facebook Akui Tunda Proyek Instagram Kids

"Untuk sementara Instagram akan terus fokus pada keselamatan remaja dan memperluas fitur pengawasan orang tua untuk remaja," imbuhnya.

Penundaan proyek Instagram Kids terjadi sesudah laporan Wall Street Journal (WSJ) menampakkan Facebook berulang kali menemukan aplikasi Instagram-nya membahayakan bagi banyak remaja. WSJ mengutip studi Facebook selama tiga tahun terakhir yang meneliti bagaimana Instagram memengaruhi basis pengguna muda, di mana remaja perempuan yang paling dirugikan.

Laporan itu membikin member parlemen turun tangan menyelesaikan kekhawatiran mereka atas aplikasi media sosial. Ideal sesudah kabar itu tersiar, banyak yang menuntut jawaban dari Facebook.

Tapi ia mengakui bahwa kontroversi yang disebabkan oleh cerita WSJ sudah membikin proyek itu susah untuk dilanjutkan, "Tulisan yang dilaporkan WSJ baru-baru ini menyebabkan kekhawatiran yang lebih besar. Terang kami perlu mengambil lebih banyak waktu untuk ini," kata Mosseri dikabarkan dari ZDNet, Selasa, 28 September.

"Instagram Kids, tidak pernah dimaksudkan untuk anak-anak muda, tetapi untuk remaja (usia 10-12). Untuk menggunakan layanan ini akan memerlukan izin orang tua untuk bergabung, tidak akan memiliki iklan, dan akan memiliki konten dan fitur yang sesuai dengan usia," jelas Mosseri.

"Orang tua dapat mengawasi waktu yang dihabiskan anak-anak mereka di aplikasi dan mengawasi siapa yang dapat mengirim pesan kepada mereka, siapa yang dapat mengikuti mereka dan siapa yang bisa mereka ikuti. Daftarnya terus berlanjut," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Facebook Akui Tunda Proyek Instagram Kids karena Pemberitaan Buruk Terhadap Platformnya, saatnya merevolusi pemberitaan!