Vaksinasi Dosis Pertama di Gunung Kidul 73 Persen, Sementara Dosis Dua Baru 39,8 Persen
Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. (ANTARA/Sutarmi)

Bagikan:

GUNUNG KIDUL - Cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai 73,2 persen dari total 595 ribu warga yang menjadi sasaran vaksinasi.

Vaksinasi COVID-19 dosis kedua, menurut Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty, baru dilakukan pada 39,8 persen dari seluruh target vaksinasi. Dewi mengatakan bahwa pemerintah kabupaten terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi.

"Saat ini, kami masih banyak melakukan vaksinasi pada jam kerja, tetapi pernah dibuka sampai malam hari. Memang kita lebih banyak melaksanakan vaksinasi pada jam kerja, tapi ada juga seperti kemarin di kolam renang selama dua pekan buka sampai malam," kata Dewi di Gunung Kidul, dilansir Antara, Kamis, 7 Oktober.

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengatakan, pemerintah kabupaten menggiatkan pelayanan vaksinasi untuk mempercepat pencapaian target cakupan.

"Kami terus mengejar capaian vaksinasi dosis pertama. Untuk dosis kedua, nanti menyesuaikan dengan aturan jarak pemberiannya," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa Gunung Kidul sudah masuk wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2 berdasarkan kondisi penularan COVID-19 dan cakupan vaksinasi.

"Tapi kan kita mengikuti kebijakan pusat, karena yang mengatur dari sana," katanya.