Kabar Sleman: Kabupaten Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kementerian PPPA
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Mentor dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diraih Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam acara yang diikuti secara virtual dari "Smart Room" Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Rabu.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan raihan Kategori Mentor dalam APE yang menjadi penghargaan kategori tertinggi ini menjadi motivasi untuk senantiasa berupaya melaksanakan pembangunan di bidang Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Sleman.

Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kementerian PPPA

Terlebih lagi pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya juga melihat keterlibatan dan peran serta aktif dari berbagai komponen masyarakat dan pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pemberdayaan kaum perempuan dan anak-anak.

"Alhamdulillah Kabupaten Sleman bisa mempertahankan penghargaan ini, sebelumnya pernah diraih Kabupaten Sleman pada 2018," katanya.

Kustini menekankan, Pemkab Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) terus menjaga komitmen menurunkan angka kekerasan perempuan dan anak dan perdagangan manusia.

"Serta, memastikan perempuan memiliki akses ke sumber daya ekonomi," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam sambutan secara virtual mengatakan bahwa penghargaan APE 2020 yang digelar pada 2021 itu, terdapat 13 kementerian/institusi, 29 provinsi dan 266 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan.

Adapun APE yang diberi tiap-tiap dua tahun semenjak 2006 yakni ukuran untuk memperhatikan kemajuan pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkeadilan gender.

"Sekaligus juga melakukan gambaran implementasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah atas usaha mereka melaksanakan strategi pengarusutamaan gender," katanya.