Sandiaga Uno: Pelaku Usaha Harus Berinovasi Untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno pada saat berbicara dalam diskusi Pengembangan KaTaKreatif Indonesia, dalam rangkaian kunjungan kerja di Kota Malang, Jawa Timur (Vicki Febrianto Antara).

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa pelaku usaha yang ada di berbagai daerah di Indonesia, diharapkan bisa untuk berinovasi agar dapat mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang saat ini masih terbuka. Hal itu diminta dan disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sandiaga di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen dan konsisten untuk memberikan dukungan, dan fasilitasi terkait pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui berbagai program.

"Salah satunya perlu inovasi. Kenapa kabupaten kota harus didorong untuk kreatif, untuk memiliki inovasi," kata Sandiaga dilansir Antara, Sabtu, 16 Oktober.

Harus Berinovasi Untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif

Sandiaga menjelaskan inovasi merupakan salah satu kunci untuk memajukan para pelaku usaha ekonomi kreatif, termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Menurutnya, sebuah inovasi bisa menjadi bekal para pelaku usaha untuk menjadi langkah penguatan daya saing. Inovasi juga harus memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti penggunaan data digital.

"Inovasi ini, adalah bekal kita untuk bisa memiliki daya saing. Inovasi menggunakan data, menggunakan teknologi digital," katanya.

Selain inovasi, lanjutnya, para pelaku usaha melakukan adaptasi. Saat ini, pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona masih belum berakhir, sehingga diperlukan langkah adaptasi oleh para pelaku usaha agar ekonomi kreatif tetap bisa berkembang.

Dia menambahkan pihaknya sudah menyiapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE), yang yakni salah satu tutorial bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melaksanakan penyesuaian diri di tengah pandemi.

Kemudian, lanjutnya, juga dibutuhkan upaya kolaborasi antar pelaku usaha. Kolaborasi dibutuhkan dalam langkah untuk memperluas jejaring dan membuka kesempatan potensi kerja sama tiap=tiap pelaku usaha.

"Saya yakin dengan berkumpulnya kita di sini, kita akan mendorong bangkitnya ekonomi kreatif di Indonesia," kata Sandi.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Sandiaga Uno Minta Pelaku Usaha Berinovasi Kembangkan Ekonomi Kreatif, saatnya merevolusi pemberitaan!