Cari Posisi Sunset Menggunakan Aplikasi di Smartphone, Begini Caranya
Cara mengetahui posisi sunset pakai smartphone (Lifehacker)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Warna orange yang khas dari sinar sunset banyak jadi kesukaan beberapa orang mengingat saat tenggelamnya matahari menjadi salah satu latar yang paling banyak digunakan untuk berfoto.

Namun, saat ingin mengambil foto di saat sunset, banyak orang sering salah menentukan posisi tenggelamnya matahari. Hal itu pun membuat foto yang dihasilkan jadi kurang bagus.

Selain berfoto, banyak orang juga mencari posisi sunset untuk sekadar menikmati keindahannya. Oleh karenanya, jika sampai salah posisi bukan keindahan yang didapat tetapi hati yang dongkol.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini posisi sunrise atau di mana matahari akan tenggelam dapat diketahui menggunakan aplikasi di smartphone, yakni "Sun Position".

Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengetahui di mana posisi yang pas untuk melihat sunset setiap harinya. Caranya pun sangat mudah dan Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam artikel yang sudah disiapkan tim VOI di bawah ini.

Mencari Posisi Sunset dengan Smartphone

Seperti aplikasi pencarian di smartphone lainnya, "Sun Position" menggunakan maps dan posisi terkini Anda untuk memberi tahu di mana letak dan posisi matahari akan tenggelam.

Untuk mengetahui posisi sunset menggunakan aplikasi "Sun Position" di smartphone, pengguna dapat mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di play store, terlebih dahulu.

Aktifkan terlebih dahulu Global Positioning System (GPS) di smartphone Anda sebelum membuka aplikasi Sun Position. Kemudian, Anda dapat membuka aplikasi "Sun Position" yang sudah di-install pada smartphone Anda.

Seandainya Anda belum mengaktifkan GPS akan timbul permintaan untuk mengaktifkan GPS dikala pertama kali masuk ke dalam aplikasi. Sesudah masuk, tap ikon tiga garis yang berlokasi di sebelah kiri atas aplikasi.

Berikutnya akan timbul sebagian menu yang bisa Anda pilih, kemudian pilih menu "Sun Path". Berikutnya, akan timbul notifikasi dari metode yang minta izin untuk menerapkan kamera, dan lokasi perangkat Anda dikala ini.

Klik "Accept" atau "Terima" untuk melanjutkan proses. Anda akan dialihkan ke tampilan yang menyerupai kamera di dalam aplikasi "Sun Position". Anda dapat mengarahkan kamera ke atas, hingga muncul objek rute rotasi matahari.

Jika sudah mengetahui rute rotasi matahari, maka aplikasi akan menunjukkan posisi yang pas untuk melihat sunset. Anda pun dapat menikmati momen tenggelamnya matahari tersebut dan mengabadikannya menggunakan smartphone.

Dengan aplikasi "Sun Position" pengguna dapat mengetahui posisi tenggelamnya matahari setiap hari, dengan melakukan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Cara Mudah Mengetahui Posisi Sunset Menggunakan Aplikasi di Smartphone, saatnya merevolusi pemberitaan!