Truth Social Jejaring Sosial Baru Milik Trump yang Diklaim Mirip Twitter
Donlad Trump membuat Truth Social untuk saingi raksasa media sosial di AS. (foto unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Truth Social merupakan jaringan sosial baru milik antan Presiden AS, Donald Trump. Menurut siaran pers yang konon berasal dari salah satu perusahaannya, Jejaring Sosial milik Trump ini bertujuan untuk melawan Big Tech.

Grup Media dan Teknologi Trump, yang membuat pengumuman, mengatakan jejaring sosial akan memulai peluncuran beta terbatas pada November, dengan peluncuran yang lebih luas diharapkan pada kuartal pertama 2022.

Jejaring Sosial Baru Milik Trump

"Saya menciptakan Truth Social dan TMGT untuk melawan tirani Big Tech," kata Trump dalam siaran pers yang dikirim ke media seperti dikutip CNET. "Kita hidup di dunia di mana Taliban hadir di Twitter, namun presiden Amerika favorit Anda telah dibungkam."

Ada situs untuk Truth Social di mana orang dapat bergabung dengan daftar tunggu untuk jejaring sosial, serta tautan untuk memesan di muka aplikasi iOS. Tangkapan layar aplikasi menunjukkan bahwa Truth akan memiliki halaman profil dengan garis waktu posting seperti Twitter.

Rencana untuk meluncurkan jejaring sosial baru menggarisbawahi bagaimana Trump mencoba untuk bergabung kembali dengan percakapan publik secara online setelah Twitter, Facebook, dan YouTube milik Google mengeluarkannya dari platform mereka setelah kerusuhan Capitol Hill yang mematikan di AS pada Januari.

Penggunaan Twitter oleh Trump mendefinisikan ulang politik, membiarkannya menghindari media arus utama untuk mencoba menguasai narasi politik. Namun Twitter secara permanen melarang Trump pada 8 Januari 2021, dua hari setelah massa pendukungnya menyerbu gedung Capitol AS dalam kerusuhan yang menewaskan beberapa orang, termasuk seorang perwira Polisi Capitol. Twitter mengatakan larangan itu "karena risiko hasutan kekerasan lebih lanjut."

Facebook mengatakan Trump akan ditangguhkan dari platformnya hingga setidaknya 2023. Jejaring sosial kemudian akan "melihat para ahli untuk menilai apakah risiko terhadap keselamatan publik telah surut."

Facebook membuat keputusan setelah dewan yang ditugaskan untuk meninjau keputusan moderasi konten terberatnya menguatkan penangguhan Trump dari platform. YouTube mengatakan akan mencabut penangguhan Trump dari platformnya ketika "risiko kekerasan telah menurun."

Mantan presiden itu menggugat platform-platform tersebut di samping Twitter, serta menuduh penyensoran dan pelanggaran Amandemen Pertama, meskipun Amandemen Pertama berlaku untuk pemerintah, bukan untuk perusahaan swasta seperti situs media sosial. Trump untuk beberapa waktu mengklaim tanpa bukti bahwa perusahaan mendiskriminasi hak, tuduhan yang berulang kali dibantah oleh perusahaan.

Meluncurkan Jejaring Sosial Baru

Trump telah berbicara tentang membuat jejaring sosialnya sendiri sejak dia dilarang dari Twitter, Facebook, dan Google.

Pada bulan Maret, Jason Miller, penasihat senior Trump, mengatakan kepada Fox News bahwa mantan presiden akan kembali dengan platform media sosialnya sendiri dalam "dua atau tiga bulan." Trump memulai blog resminya sendiri pada bulan Mei, tetapi dia menutupnya satu bulan kemudian.

Terlepas dari penciptaan platform media sosial baru, Trump tidak meninggalkan Twitter. Awal bulan ini, mantan presiden meminta hakim distrik AS untuk memberikan perintah awal yang akan memulihkan akunnya sementara gugatannya terhadap Twitter berjalan melalui pengadilan.

TMTG sudah sepakat untuk bergabung dengan Komputerisasi World Acquisition Group, sebuah perusahaan berbasis di Miami yang teregistrasi di Nasdaq, untuk menyusun perusahaan baru yang diketuai oleh Trump, berdasarkan siaran pers itu.

Upaya Trump untuk membangun jejaring sosialnya sendiri telah menghadapi sebagian tantangan. The Washington Post melaporkan bahwa gambar “babi membuang air besar” ke akun "donaldjtrump" dari versi uji coba website itu.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Trump Luncurkan Platform Jejaring Sosial Baru, Truth Social yang Diklaim Mirip Twitter, saatnya merevolusi pemberitaan!