Pesawat Luar Angkasa ESA Berhasil Menangkap Pusaran Mirip Sidik Jari di Mars
Mars (Dok ESA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemandangan menakjubkan di kawah kecil Mars, Hellas yang diambil menggunakan kamera CaSSIS pada ESA-Roscosmos ExoMars Trace Gas Orbiter pada bulan Mei lalu dan hal itu dibagikan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA).

Gambar ini menunjukkan keajaiban liar dari pusaran dan kurva yang digambarkan oleh badan antariksa sebagai pemandangan yang memesona.

Pusaran Mirip Sidik Jari di Mars

Diketahui, Hellas memiliki diameter 1.430 mil (2.300 kilometer) dan kedalaman 4,3 mil (7 kilometer), itu adalah kawah kecil, salah satu yang terbesar yang berada di Tata Surya. Ini adalah salah satu wilayah yang cukup menarik di Mars.

ESA menelusuri sejarah Hellas antara 3,8 dan 4,1 miliar tahun yang lalu ketika sebuah asteroid menabrak planet ini. Mereka menemukan seperti sidik jari memanjang yang terukir di tanah Mars. Hamparan permukaan yang terlihat pada gambar adalah salah satu titik terendah di Mars.

"Sifat lanskap yang berputar-putar membangkitkan perasaan mengalir. Alasan yang tepat untuk asalnya adalah teka-teki, dan dapat dikaitkan dengan salah satu dari banyak proses yang berbeda yakni (akibat terjadinya) tektonisme garam, atau deformasi kental es dan sedimen," ungkap ESA seperti dikutip dari CNET, Sabtu, 23 Oktober.

Lebih lanjut, untuk memperkuat penelitiannya, pesawat ruang angkasa Trace Gas Orbiter telah mempelajari Planet Merah dan membuat katalog gas atmosfernya. Ini adalah salah satu aspek dari program ExoMars, yang juga akan melibatkan pengiriman rover ke Mars pada 2022. Rover, seperti pengorbit, adalah proyek bersama dari ESA dan badan antariksa Rusia Roscosmos.

Panorama itu bukan satu-satunya, NASA\'s Mars Reconnaissance Orbiter juga sukses menangkap gambar lainnya dari dalam kawah Hellas, termasuk memperhatikan pertanda gores, ini kemungkinan dibuat oleh es kering yang meluncur menuruni bukit pasir.

Meskipun demikian, ketiga badan antariksa itu ESA, NASA dan Roscosmos berniat untuk mempelajari lebih lanjut perihal Planet Merah itu, karena masih banyak misteri yang tersisa untuk diselesaikan.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Pusaran Mirip Sidik Jari di Mars Berhasil Ditangkap Pesawat Luar Angkasa ESA, saatnya merevolusi pemberitaan!