Berita Luar Negri: Dengan Tegas Amerika Serikat Minta Korea Utara Akhiri Uji Coba Rudal
Uji coba rudal SLBM Korea Utara. (Sumber KCNA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa hari setelah Pyongyang melakukan uji coba penembakkan rudal balistik dari kapal selam (SLBM) pertamanya dalam dua tahun terakhir. melanjutkan diplomasi nuklir pada Hari Minggu, seorang diplomat senior Amerika Serikat mendesak Korea Utara untuk menahan diri dari uji coba rudal.

Sung Yong Kim, Utuksan Amerika Serikat untuk Korea Utara, berbicara setelah bertemu dengan pejabat Korea Selatan untuk membahas uji coba rudal Korea Utara baru-baru ini sementara negosiasi nuklir antara Washington dan Pyongyang tetap terhenti.

"Kami menyerukan DPRK untuk menghentikan provokasi dan kegiatan destabilisasi lainnya, sebaliknya, terlibat dalam dialog," kata Kim kepada wartawan, menggunakan nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea, mengutip Associated Press 24 Oktober.

Minta Korea Utara Akhiri Uji Coba Rudal

"Kami tetap siap untuk bertemu dengan DPRK tanpa prasyarat dan kami telah menjelaskan, Amerika Serikat tidak memiliki niat bermusuhan terhadap DPRK," sambung Kim.

Selasa lalu, Korea Utara menembakkan rudal balistik yang baru dikembangkan dari kapal selam dalam uji coba senjata putaran kelima dalam beberapa pekan terakhir.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan rudal yang ditembakkan dari kapal selam tampaknya berada dalam tahap awal pengembangan. Itu menandai tes peluncuran bawah laut pertama Korea Utara sejak Oktober 2019, dan yang paling terkenal sejak Presiden Joe Biden menjabat pada Januari.

Rudal yang dilesatkan dari kapal selam lebih sukar dideteksi sebelumnya dan akan memberi Korea Utara kesanggupan serangan pembalasan sekunder.

Peluncuran Hari Selasa melanggar sebagian resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang melarang kesibukan apa malahan oleh Korea Utara di bidang rudal balistik. Kim mengatakan, uji coba itu memunculkan ancaman bagi kelompok sosial internasional, mengkhawatirkan dan kontraproduktif kepada upaya untuk mempromosikan penentraman di Semenanjung Korea.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Tegas, Amerika Serikat Minta Korea Utara Hentikan Uji Coba Rudal, saatnya merevolusi pemberitaan!