Peringatan Sumpah Pemuda dan HUT Ganjar Pranowo, Relawan Potong Tumpeng dan Gelar Kirab Budaya di Candi Dwarawati Dieng
Acara perayaan HUT Ganjar dan Sumpah Pemuda (Foto: sahabatganjar.com)

Bagikan:

JAKARTA - Perayaan 93 Tahun Sumpah Pemuda dan 53 Tahun Ganjar Pranowo, pada 28 Oktober menjadi momen khusus bagi Relawan Sahabat Ganjar memantapkan niat mengantar Ganjar Pranowo menjadi pemimpin bangsa Indonesia di 2024. 

Melansir dari situs sahabatganjar.com, Relawan Sahabat Ganjar menggelar perayaan Sumpah Pemuda sekaligus HUT Ganjar bersama lapisan masayarakat sekitar Candi Dwarawati Dieng, Jawa Tengah memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Terdapat dua agenda yang dilakukan di lokasi peringatan tersebut yaitu Upacara Sumpah Pemuda & Doa Syukur Lintas Agama serta Lomba Permainan Tradisional di Pelataran Soeharto Whitlam, Kamis, 28 Oktober.

Doa Syukur Lintas Agama dikoordinasi oleh KH. Khayatul Makki, pengasuh Ponpes Tanbihul Ghofiliin Alif’Baa, Banjarnegara. Dalam acara doa bersama tersebut diwakili oleh pemuka agama dari 6 agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia.

Setelah itu, dilanjutkan memotong tumpeng yang sebelumnya diarak dalam sebuah kirab tumpeng dan hasil bumi sebagai bentuk syukur sekaligus merayakan HUT Ganjar Pranowo ke-53. Arak-arakan kirab bergerak dari desa di bawah pelataran Candi hingga ke puncak pelataran candi Dwarawati.

Sekelompok pemuda desa pembawa bendera merah putih berada di barisan paling depan, disusul oleh kelompok Anak Gimbal Dieng, kemudian setelah itu barisan para punggawa desa yang memikul tumpeng serta hasil bumi. Semuanya berarak menuju lokasi upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Selanjutnya, digelar lomba permainan tradisional di Pelataran Soeharto Whitlam. Lomba tersebut antara lain lomba egrang, lomba bakiak batok kelapa, dan lomba balap karung yang diikuti oleh anak-anak dikawasan Dieng, Jawa Tengah. Sahabat Ganjar berharap masyarakat tidak melupakan permainan asli Indonesia agar tidak hilang ditelan zaman yang semakin modern.

“Kita telah melaksanakan prosesi Upacara Sumpah Pemuda dan juga pemotongan tumpengan sebagai bentuk syukuran untuk Bapak Ganjar yang berulang tahun hari ini. Kita juga mengadakan lomba permainan tradisional untuk anak-anak setempat khususnya di wilayah Dieng ini. Anak-anak terlihat sangat senang ketika lomba dimulai,” kata Humas DPP Sahabat Ganjar, Indah CH.

Secara khusus A. Jaka Saptana selaku Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar memberi pernyataan dalam kegiatan yang dilakukan pada hari ini.

“Pada hari ini kita semua memperingati Sumpah Pemuda sebagai bentuk apresiasi para pemuda dalam mempersatukan jiwa kebangsaan untuk melawan penjajah di muka Ibu Pertiwi ini. Kita juga melakukan syukuran dalam rangka Hari Ulang Tahun Bapak Ganjar Pranowo dengan pemotongan tumpengan,” tutur A. Jaka Saptana.

Acara ini diklaim dijalankan dengan mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti menjaga jarak dan memakai masker dalam kegiatan kali ini.