Berita Gunung Kidul: Daerah Akan Periksa COVID-19 Pada Siswa
Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemeriksaan COVID-19 secara acak pada siswa untuk menekan risiko penularan virus corona selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan bahwa pemeriksaan penapisan dilakukan untuk mencegah munculnya klaster penularan COVID-19 di lingkungan sekolah.

Akan Periksa COVID-19 Pada Siswa

"Skrining ini merupakan bagian dari program aktif testing dan tracing (pelacakan). Contohnya untuk PTM (pembelajaran tatap muka) ini, rencananya tiap bulan akan ada pemeriksaan atau skrining," kata Dewi.

Dia mengatakan, Dinas Kesehatan berencana menjalankan pemeriksaan penapisan pada siswa sekolah sebab dikala ini belum semua pelajar selesai menjalani vaksinasi COVID-19.

Dewi mengatakan, pemeriksaan COVID-19 secara acak pada siswa rencananya dilaksanakan dengan dukungan kendaraan beroda empat layanan percobaan PCR bantuan Polri.

"Mobil PCR ini akan sangat bermanfaat sekali untuk itu. Hasil PCR juga bisa cepat keluar," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul Ali Ridlo mengatakan bahwa dinas bersama sekolah secara intensif menyosialisasikan protokol kesehatan kepada siswa.

Menurut dia, dinas dan sekolah juga mengawasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Pengawasan rutin dilakukan lewat satgas internal masing-masing sekolah," katanya.