Pidato Hari Kartini: Contoh Judul dan Tema yang Tepat untuk Acara Peringatan
Kartini (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Pada momentum ini masyarakat Indonesia mengenang serta mengingat peran pahlawan perempuan asal Jepara, Jawa Tengah tersebut. Kaum perempuan khususnya.

Kartini terkenal dengan sosok perempuan Jawa yang santun namun punya sikap yang berani dan pemikiran yang kritis. Ia dikagumi banyak orang karena pemikirannya yang membawa emansipasi semangat kebebasan, kesetaraan, kemajuan, dan anti-feodalisme.

Sikap-sikap dan pemikran itu ia sampaikan melalui tulisan-tulisannya. Setiap momen peringatan Hari Kartini biasanya diselenggarakan lewat berbagai acara. Mulai dari ajang berbusana tradisional, perlombaan wanita, lomba menulis, hingga pidato.

Kalangan yang merayakan pun luas, mulai dari sekolah, instansi pemerintah, instansi swasta, komunitas, kelompok masyarakat, hingga kaum buruh. Biasanya di setiap acara peringatan Hari Kartini selalu diadakan pidato sambutan.

Pidato tersebut tentunya yang berisi topik tentang Kartini. Topik tentang Kartini pun ada beragam. Lalu seperti apa contoh judul pidato hari kartini dan tema yang tepat untuk acara dan lomba.

Daftar judul pidato Hari Kartini

Judul pidato di Hari Kartini biasanya identik dengan kata ‘perempuan’. Selain itu, topiknya juga harus berkaitan atau menggambarkan Kartini.

udul yang dipilih biasanya juga disesuaikan dengan kondisi zaman atau konteks terkini. Untuk saat ini, seperti kemajuan teknologi, generasi milenial, dunia digital, dan pandemi COVID-19.

Peran Perempuan di Era Teknologi Digital

Perempuan-perempuan Milenial Berperan Aktif di Dunia Digital

Peran Perempuan dalam Mencegah Tindakan Radikalisme

Waktunya Perempuan Aktif di Dunia Digital

Kesetaraan Perempuan di Era Teknologi Digital

Hak-hak Perempuan dalam Dunia Kerja

Perempuan Masa Kini Berani Tunjukkan Aksi

Perempuan Sebagai Tonggak Kemajuan Bangsa

Waktunya Perempuan Menjadi Pemimpin

Semangat Perempuan di Dunia Kerja

Perempuan Bawa Perubahan Zaman

Perempuan Bawa Kemajuan bagi Bangsa

Perempuan Lahirkan Generasi Cerdas

Perempuan Lawan Pandemi COVID-19 

Tema yang tepat untuk acara Hari Kartini

Dalam setiap penyelenggaraan acara di Hari Kartini biasanya ditentukan suatu tema. Tema-tema yang bisa dipilih untuk acaranya pun ada beragam. Berbagai tema tersebut tentunya yang menggambarkan sosok Kartini atau memiliki keterkaitan dengannya.

Akan lebih bagus lagi ketika tema tersebut sesuai dengan kondisi zaman atau konteks terkini, seperti era teknologi digital dan pandemi COVID-19. Berikut contoh tema-temanya:

Emansipasi Wanita

Wanita di Dunia Kerja

Perjuangan Kaum Wanita

Hak-hak Wanita di Dunia Kerja

Peran Wanita bagi Keluarga

Perempuan di Dunia Pendidikan

Kesetaraan Gender

Perempuan di Masa Pandemi

Perempuan di Dunia Kesehatan

Hak Perempuan untuk Berpendapat

Suara-suara Perempuan

*Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.

BERNAS Lainnya