Apa Tugas Brand Ambassador? Ketahui Pengertian, Tugas, Manfaat Memiliki Duta Merek
Potret Ryan Gosling sebagai ambassador Gucci Valigeria bergaya 70-an (Foto: tangkap layar laman official Gucci)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apa tugas brand ambassador? Tugas utama seorang brand ambassador yakni mempromosikan dan mewakili suatu produk atau brand.

Keberadaan brand ambassador sangat penting karena dapat menaikkan citra produk di hadapan calon konsumen.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Rabu, 7 Desember 2022, berikut pengertian dan tugas brand ambassador serta manfaat sebuah brand/produk memiliki brand ambassador.

Brand Ambassador Adalah

Brand ambassador adalah seorang profesional dengan kepribadian yang ramah dan memiliki pembawaan di media sosial yang menarik yang menjadi wakil untuk suatu brand dan mempromosikan produk tersebut, baik secara online maupun offline. Brand ambassador bisa diartikan sebagai duta bagi suatu produk atau brand, dikutip dari Sendpulse.

Oleh sebab itu, tak heran jika brand ambassador dianggap sebagai ‘wajah’ dari suatu brand.

Seorang brand ambassador biasanya membantu dalam pembuatan konten promosi, bertindak sebagai juru bicara dalam berbagai acara, melakukan pemasaran dari mulut ke mulut, serta mempromosikan produk dan brand lewat berbagai platform digital.

Saat ini, ada 3,78 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Di sisi lain, penggunaan media sosial juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis. Itu sebabnya, banyak brand yang mencari profesional untuk menjadi perwakilan dan mempromosikan layanan mereka.  

Manfaat Memiliki Brand Ambassador

Setiap perusahaan membutuhkan brand ambassador yang dapat mencerminkan semua sifat, nilai dari suatu brand/produk.

Berikut beberapa manfaat memiliki brand ambassador:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Menciptakan tingkat kepercayaan pelanggan yang lebih tinggi
  • Menjangkau audiens baru dan mendatangkan pelanggan baru
  • Membangun reputasi
  • Meningkatkan konversi melalui user-generated konten
  • Mengurangi pengeluaran ekstra untuk pembuatan konten
  • Meningkatkan efektivitas komunikasi multichannel
  • Membangun kredibilitas
  • Membangun reputasi yang baik
  • Meningkatkan penjualan

Untuk menjadi brand ambassador, seseorang harus mengetahui detail produk, visi dan misi sebuah brand atau merek.

Selain itu, calon brand ambassador harus ahli dalam hal pengelolaan akun media sosial, memiliki pengalaman dalam pemasaran dan menjadi juru bicara yang hebat, serta menjadi orang yang berpengaruh di masyarakat.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Dua Lipa yang mewakili Puma dan Selena Gomez sebagai duta Pantene. Mereka adalah Influencer yang menginspirasi orang di seluruh dunia melalui kampanye dan inisiatif mereka.

Tugas Brand Ambassador

Setelah Anda mengetahui pengertian dan manfaat brand Ambassador, VOI akan mengulas tentang tugas brand ambassador.

Disadur dari laman Repsly, brand ambassador memiliki tugas sebagai berikut:

  • Merepresentasikan brand secara positif kepada masyarakat
  • Membantu membuat konten untuk mempromosikan brand, seperti tulisan blog, newsletter, review produk, dan lain sebagainya
  • Ikut terlibat dalam event marketing
  • Meningkatkan brand awareness (kesadaran produk) lewat pemasaran dari mulut ke mulut atau testimoni.
  • Mengambil peran sebagai opinion leader dalam komunitasnya
  • Memberikan feedback dan masukan terkait produk atau brand yang diwakilinya.
  • Mempromosikan brand melalui akun media sosial pribadinya.

Jenis Brand Ambassador

Melansir laman primemarketingagency, brand ambassador terbagi menjadi lima jenis, antara lain:

  • Influencer
  • Experiential brand ambassador
  • Customer ambassador
  • Industry expert ambassador
  • Affiliate ambassador

Demikian informasi tentang apa tugas brand ambassador. Semoga bermanfaat!