Gelar BBI dan BBWI 2023 Siap Digelar di Bengkulu, Begini Peran Kemenperin
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita (foto: dok. kemenperin)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berperan sebagai co-Campaign Manager Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2023 di Bengkulu.

"Perhelatan Gernas BBI sangat potensial untuk mengangkat daya saing IKM dan artisan lokal Bengkulu, sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Juli.

Reni menyebut, Kemenperin berperan mengkurasi dan melakukan pendampingan kepada 30 IKM terpilih yang berhak mendapatkan pelatihan intensif, capacity building, fasilitasi sertifikasi, serta fasilitasi kemitraan dan business matching selama empat bulan.

"Kami berharap, agar 30 IKM terkurasi terus berkomitmen dan konsisten mengikuti program pendampingan secara kontinu, sehingga dapat meningkatkan standar kualitas dan juga penjualan usaha," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, pelaksanaan puncak acara atau harvesting Gernas BBI/BBWI Bengkulu akan dilaksanakan pada 18 November 2023 mendatang atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan tersebut, akan diberikan penghargaan kepada 5 IKM terbaik asal Bengkulu yang berhak diikutsertakan dalam Anugerah BBI Nasional.

"Melalui Gernas ini, kami tunjukkan semangat kerja sama yang baik antara pemerintah, perusahaan, pelaku industri, dan masyarakat untuk berbelanja produk dalam negeri dan berwisata di Bengkulu," ungkapnya.

Sekadar informasi, mulai tahun ini, Gernas BBI tidak hanya berbicara mengenai produk, tetapi juga pariwisata, yang mana menargetkan sebanyak 1,2-1,4 miliar perjalanan terjadi sepanjang 2023.

Dukungan sinergi kegiatan pendataan, pembinaan, dan promosi IKM turut melibatkan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Top Brands, BUMN, BUMS, idEA, serta pihak lainnya.

Adapun Gernas BBI di Provinsi Bengkulu tahun ini mengusung tema 'Mela Belanjo kek Bejalan ke Bengkulu', yang bermakna Ayo Berbelanja dan Berkunjung ke Bengkulu.

Sedangkan, Gernas BBWI mengangkat tema Bulan Olahraga. Rangkaian kampanye Gernas BBI/BBWI Bengkulu ini akan berlangsung sepanjang Juli hingga November 2023.