Fungsi Bursa Kripto: Berikut Uraiannya
Fungsi Bursa Kripto (Gambar Kanchanara - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Popularitas serta peminat cryptocurrency di Indonesia makin bertambah tiap tahunnya. Perihal tersebut menunjukkan kalau cryptocurrency jadi instrumen investasi yang sama berartinya dengan saham, obligasi, reksa dana, emas, properti apalagi deposito. Tetapi, sampai dikala ini belum ditetapkan bursa kripto Indonesia, sehingga konsumen cryptocurrency merasa kurang nyaman dalam melakukan investasi ataupun trading crypto.

Banyaknya permintaan supaya bursa kripto lekas diluncurkan, hingga pihak pemerintah terus memesatkan proses tersebut. Tetapi, sepanjang proses berlangsung terdapat banyak hambatan yang dialami. Berikut bakal MoneyDuck jelaskan menimpa apa itu bursa kripto di Indonesia, kapan diluncurkannya, gimana prosesnya berlangsung, sampai regulasi kripto Indonesia yang sudah diterapkan.

Apa itu Bursa Kripto?

Bursa kripto merupakan tempat buat mengawasi perdagangan mata uang cryptocurrency. Keberadaan bursa kripto Indonesia diharapkan sanggup memudahkan para investor kripto dalam mengenali crypto apa saja yang lagi hadapi keuntungan pula kerugian. Terhitung sampai dikala ini, belum terdapat bursa kripto secara formal di Indonesia, sementara itu bursa kripto sangat berarti buat membagikan proteksi kepada investor.

Fungsi Bursa Kripto

Manfaat bursa kripto Indonesia yakni diharapkan sanggup menghasilkan sistem perdagangan yang bisa menaungi dan mengendalikan pedagang- pedagang kripto. Sehingga, perdagangan kripto dapat lebih terstruktur serta upaya pencatatan serta pengawasan jadi lebih mudah. Pencatatan dicoba sebab terdapat kaitannya dengan pajak yang dapat mendukung pembangunan di zona lain. Pengawasan berperan buat menjamin keamanan konsumen serta negara, misalnya yang berkaitan dengan pendanaan terorisme serta pencucian uang. 

Memahami Ekosistem Kelembagaan Aset Kripto

Bursa kripto masuk ke dalam ekosistem kelembagaan peninggalan kripto. Ekosistem kelembagaan peninggalan kripto ialah serangkaian wadah buat mengendalikan serta melindungi kegiatan investasi cryptocurrency di Indonesia. Ekosistem kelembagaan peninggalan kripto terdiri dari bursa kripto, pedagang fisik peninggalan crypto, lembaga kliring berjangka, pengelola tempat penyimpan, dan bank penyimpan selaku lembaga penyimpan dana investor. Kita dapat mengatakan kalau ekosistem kelembagaan peninggalan kripto di Indonesia belum seluruhnya ada.

Kenapa Butuh Bursa Kripto Indonesia?

Kalian bisa jadi bingung, kenapa Bappebti semenjak dahulu senantiasa mengusahakan buat meluncurkan bursa kripto? Apakah bursa kripto Indonesia begitu berarti? Jadi, dengan terdapatnya bursa kripto, hingga investor crypto secara tidak langsung bakal merasa terlindungi. Bursa kripto yang bakal diluncurkan nanti bakal berfungsi selaku otoritas pengawasan transaksi dan melindungi kepentingan investor.

Nailul Huda sebagai Periset Indef berkata, apabila terjadi peningkatan serta penyusutan nilai crypto yang tidak normal, hingga otoritas dapat mengambil kebijakan strategis guna melindungi hak investor. Dikarenakan dikala ini masih belum terdapat bursa kripto, hingga investor wajib menanggung sendiri kerugian kala terjalin penyusutan harga yang tidak normal.

Sutopo Widodo sebagai Presiden Komisaris HFX Internasional Berjangka pula mengemukakan pendapatnya kalau peluncuran bursa kripto merupakan perihal yang menekan sebab dikala ini sudah marak aksi penipuan berkedok cryptocurrency, serta dengan terdapatnya bursa hingga dapat melakukan bimbingan dan literasi investasi peninggalan crypto. 

Jadi setelah mengetahui fungsi bursa kripto, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!