Badan Pengelola Pusat Energi ASEAN dan ACCECC Akan Mendirikan Pusat Kerja Sama Energi Bersih ASEAN-Tiongkok
Executive Director of ASEAN Center for Energy (ACE) Nuki Agya Utama (tengah). (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - ASEAN Centre for Energy (ACE) dan ASEAN-China Clean Energy Cooperation Centre (ACCECC) Affairs Managing Agency bekerja sama untuk meningkatkan kerja sama energi bersih antara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Rakyat Republik Tiongkok.

Kolaborasi ini menandai tonggak penting dalam upaya mencapai solusi energi berkelanjutan di kawasan ini.

Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Dr Nuki Agya Utama, Direktur Eksekutif ACE dengan Liang Yuteng, Wakil Direktur Jenderal Komisi Pembangunan dan Reformasi Hainan Tiongkok dan Dr Li Sheng, Direktur Jenderal Institut Teknik Energi Terbarukan Tiongkok atas nama Badan Pelaksana Urusan ACCECC pada tanggal 25 Agustus 2023, pada Pertemuan Menteri Energi ASEAN ke-41 (AMEM-41) yang diadakan di Bali, Indonesia, bertepatan dengan Forum Bisnis Energi ASEAN (AEBF) 2023.

Dr Nuki Agya Utama, Direktur Eksekutif ACE, mengungkapkan optimismenya terhadap kolaborasi ini.

"Kemitraan strategis antara ACE dan ACCECC Affairs Managing Agency ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam misi bersama kami untuk mempercepat pengembangan energi bersih. Dengan memanfaatkan keahlian kami dan sumber daya, kami siap untuk memberikan dampak yang berarti pada lanskap energi di kawasan ASEAN dan Tiongkok," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa 29 Agustus.

Tujuan utama ACE adalah untuk mempercepat integrasi strategi energi yang harmonis di negara-negara anggota ASEAN. Dengan memberikan informasi dan keahlian penting, ACE memastikan bahwa kebijakan dan program energi selaras, yang menggarisbawahi komitmen Pusat untuk membentuk lanskap energi di kawasan ini.

Badan Pengelola Urusan ACCECC, yang didirikan oleh Administrasi Energi Nasional (NEA) Tiongkok dan Pemerintah Hainan dengan dukungan dari Institut Teknik Energi Terbarukan Tiongkok (CREEI), berfungsi sebagai tulang punggung teknis dan operasional. Badan ini berdedikasi untuk memperkuat kolaborasi energi bersih antara Tiongkok dan negara-negara ASEAN, sekaligus berfungsi sebagai unit implementasi dan sekretariat Pusat Kerja Sama Energi Bersih ASEAN-Tiongkok (ACCECC) dari sudut pandang Tiongkok.

Baik ACE maupun ACCECC Affairs Managing Agency sangat antusias untuk memulai perjalanan kolaboratif menuju masa depan energi berkelanjutan. Melalui pembentukan Pusat Kerjasama Energi Bersih ASEAN-Tiongkok, mereka siap untuk mengantarkan era baru solusi energi ramah lingkungan, memupuk kemitraan jangka panjang yang akan membentuk kembali lanskap energi di kawasan ASEAN dan Tiongkok.