Menko Marves: Ekonomi Indonesia Bakal Lampaui Rusia di 2025
Ilustrasi Rupiah (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ekonomi Indonesia bakal melampaui Rusia di 2025 mendatang. Dimana produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai 1,45 triliun dolar AS.

Luhut mengatakan prediksi ini mengacu dari studi yang dilakukan lembaga Atlantic Council. Dengan begitu, kata Luhut, Indonesia akan menjadi negara dengan kapasitas terbesar nomor 6 di dunia.

“Hari ini kita sudah 1,45 triliun dolar AS PDB. Dan juga Atlantic Council juga merilis studi mereka, mungkin pada tahun 2025, Indonesia bisa melampaui ekonomi Rusia,” ujar Luhut dalam konferensi pers ISF 2023, di Jakarta, Kamis,7 September.

“Jadi kita akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-6,“ sambung.

Luhut juga optimitis di tahun 2050 mendatang Indonesia akan tumbuh lebih cepat dan ditargetkan bisa menjadi negara dengan kapasitas ekonomi terbesar keempat di dunia.

“Dari sisi ekonomi, sekali lagi saya percaya bahwa pada tahun 2050 atau lebih awal kita bisa menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-4 atau ke-5 di dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan prediksi ini dapat dicapai salah satunya dengan hilirisasi. Dengan hilirisasi, kata Luhut, dapat membawa ekonomi Indonesia tumbuh kuat.

“Dampak dari hilirisasi nikel atau bauksit, tembaga, timah, rumput laut, gas, ini bisa membawa negara ini menjadi negara yang sangat-sangat kuat dalam waktu dekat,” tuturnya.