Perbandingan Gaji PNS dan Pegawai BUMN Saat Ini
Perbandingan Gaji PNS dan Pegawai BUMN (Gambar Mufid Majnun-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beredar berita kalau saat ini pemerintah sedang melakukan peninjauan terkait gaji dari Pegawai Negri Sipil (PNS) yang akan mengacu pada penghasilan alias gaji tertinggi dari pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menyikapi hal tersebut banyak yang bertanya, soal berapa perbandingan gaji PNS dan pegawai BUMN?

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak orang yang mengidam-idamkan diterima kerja menjadi Pegawai Negeri Sipil maupun pegawai BUMN. Hal itu bisa dikatakan wajar karena mengingat keduanya menjanjikan kemakmuran dan juga tunjangan yang begitu menggiurkan. Tentunya dari keduanya sudah pasti mempunyai prospek yang bagus dan memiliki tunjangan dan upah yang amat menarik.

Pasalnya, berdasarkan dari peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2019 terkait dengan Penyesuaian Gaji Pokok Pegawai Negri Sipil, gaji dari PNS ini terbagi menjadi beberapa golongan. Yuk kita kepo-in rinciannya:

Perbandingan Gaji PNS dan Pegawai BUMN

Gaji Pegawai Negeri Sipil

PNS Golongan I

PNS Golongan I A: Rp 1,56 juta hingga Rp 2,33 juta per bulannya

PNS Golongan I B: Rp 1,7 juta hingga Rp 2,47 juta per bulannya

PNS Golongan I C: Rp 1,77 juta hingga Rp 2,57 juta per bulannya

PNS Golongan I D: Rp 1,85 juta hingga Rp 2,68 juta per bulannya

Gaji PNS Golongan II

PNS  Golongan II A: Rp 2,02 juta hingga Rp 3,37 juta per bulannya

PNS  Golongan II B: Rp 2,2 juta hingga Rp 3,51 juta per bulannya

PNS  Golongan II C: Rp 2,3 juta hingga Rp 3,66 juta per bulannya

PNS  Golongan II D: Rp 2,39 juta hingga Rp 3,82 juta per bulannya

Gaji PNS Golongan III

PNS Golongan III A: Rp 2,57 juta hingga Rp 4,23 juta per bulannya

PNS Golongan III B: Rp 2,68 juta hingga Rp 4,41 juta per bulannya

PNS Golongan III C: Rp 2,8 juta hingga Rp 4,6 juta per bulannya

PNS Golongan III D: Rp 2,92 juta hingga Rp 4,79 juta per bulannya

Gaji PNS Golongan IV

PNS Golongan IV A: Rp 3,04 juta hingga Rp 5 juta per bulannya

PNS Golongan IV B: Rp 3,17 juta hingga Rp 5,21 juta per bulannya

PNS Golongan IV C: Rp 3,3 juta hingga Rp 5,43 juta per bulannya

PNS Golongan IV D: Rp 3,44 juta hingga Rp 5,66 juta per bulannya

PNS Golongan IV E: Rp 3,59 juta hingga Rp 5,9 juta per bulannya

Ada kabar gembira nih buat Golongan PNS di tahun ini, kabarnya pemerintah akan merencanakan untuk mengubah skema penggajian PNS berdasarkan kinerja setiap Aparatur Sipil Negara(ASN).

Menurut informasi dari Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni, dikatakan kalau penilaian PNS bakal dilakukan tidak cuma secara organisasi ataupun kelompok, melainkan juga akan berbasis pada individu. Kedepan, penilaian itu diharapkan mampu mengoptimalkan kinerja para PNS.

"Nanti kita tuntut profesionalismenya. Pengelolaan kinerja ASN melalui Permen [Peraturan Menteri] PANRB yang sedang diundangkan dan sudah keluar nomornya, sebentar lagi kami sosialisasi," ujar Alex.

Gaji Pegawai BUMN

Sedangkan buat pendapatan pegawai BUMN, bersumber pada beberapa situs pencari kerja serta gaji, pendapatan pegawai PT Pertamina (Persero) misalnya berkisar dari Rp 5 juta hingga Rp 37 juta per bulan bergantung apa jabatannya.

Gaji Pegawai BUMN di PT Pertamina

Misalnya, jabatan site engineer bergaji kurang lebih Rp 30 juta hingga Rp 33 juta per bulan. Sedangkan pendapatan posisi engineer di kisaran Rp 19 juta sampai Rp 21 juta.

Sebaliknya tingkat analis bergaji Rp 10 juta hingga Rp 37 juta, IT spesialist Rp 19 juta sampai Rp 21 juta, manager Rp 15 juta hingga Rp 16 juta, serta staf Rp 5 juta sampai Rp 6 juta.

Gaji Pegawai BUMN di PT Bank Mandiri

Sedangkan pendapatan pegawai BUMN di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berkisar dari Rp 3 juta hingga Rp 74 juta per bulan. Posisi frontliner bergaji Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

Posisi management trainee (MT) serta officer development program (ODP) bergaji Rp 6 juta per bulan. Posisi staf bergaji Rp 10 juta, internal auditor Rp 10 juta hingga Rp 11 juta, manajer Rp 27 juta sampai Rp 30 juta, serta branch manager dapat menggapai Rp 68 juta hingga Rp 74 juta per bulan.

Gaji Pegawai BUMN di PT Telkom Indonesia

Buat pegawai PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, rentang gajinya lebih besar. Posisi management trainee berkisar Rp 7 juta hingga Rp 8 juta per bulan.

Posisi staf berkisar Rp 8 juta, senior manager Rp 39 juta hingga Rp 43 juta, strategic investment manager Rp 58 juta sampai Rp 62 juta, serta product manager dapat menggapai Rp 88 juta hingga Rp 94 juta per bulan.

Jadi kalau disimpulkan berdasarkan perbandingan dari Gaji PNS dan juga Gaji Pegawai BUMN memanglah masih menang BUMN menurut peranan dan pangkatnya. Jadi bila gaji PNS bisa tembus hingga puluhan juta nantinya, kira-kira bagimana nih pendapat kalian terkait hal itu?

Jadi setelah mengetahui perbandingan gaji PNS dan pegawai BUMN, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!