Gantikan Dudung Abdulrachman, Erick Thohir Tunjuk Mantu Luhut Pandjaitan Jadi Komut Pindad
Ilustrasi Pindad (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjadi Komisaris Utama PT Pindad menggantikan Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman.

Penunjukkan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ini ditandai dengan penyerahan salinan Surat Keputusan Menteri BUMN nomor: SK-16/MBU/01/2024 dan Dirut Perusahan Perseroan (Persero) PT Len Industri selaku pemegang saham PT Pindad nomor: 001/KRUPS/LEN-PINDAD/I/2024.

Adapun penunjukkan Maruli Simanjuntak dilakukan pada Senin, 22 Januari di Auditorium PT Pindad Bandung, Jawa Barat.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo berharap kehadiran Maruli sebagai komut PT Pindad kedepannya dapat membentuk rancang bangun industri pertahanan khususnya di Angkatan Darat untuk lima tahun ke depan.

“Kita bisa kembangkan bersama proses litbangnya. Selain itu pastikan juga Pindad berada dalam kondisi yang sehat supaya kedepannya kita bisa berfokus menghasilkan bisnis-bisnis dengan laba baik,” ujarnya dikutip dari laman resmi Pindad, Selasa, 23 Januari.

Pasalnya, sambung Tiko sapaan akrab Kartika, BUMN didesain sebagai agen pembangunan di berbagai sektor dan menghasilkan keuntungan. Dalam konteks pengembangan, BUMN bersama dengan pemerintah bisa membangun kapabilitas pengembangan industri pertahanan jangka panjang bukan hanya produk hilirnya tetapi juga sampai ke hulu.

Tiko juga bilang saat ini BUMN diminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk melakukan perencanaan strategis jangka panjang di industri pertahanan yang match dengan Kementerian Pertahanan di tiga matra yakni AD, AL dan AU.

“Diharapkan nanti industri pertahanan menjadi salah satu industri manufaktur terbesar di Indonesia. Harapan kami agar Pindad dapat menjadi besar, menjadi partner untuk industri pertahanan Indonesia dan membangun industri manufaktur yang kuat untuk bangsa Indonesia kedepan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Tiko juga menyampaikan selamat kepada Maruli Simanjuntak atas pelantikannya sebagai Komisaris Utama PT Pindad.

“Selamat atas dilantiknya Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Komisaris Utama PT Pindad dan terima kasih atas segala sumbangsih yang diberikan Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman selama dua tahun menjadi Komisaris Utama PT Pindad,” katanya.