Arus Balik Lebaran, Jasa Marga Operasikan Tol Fungsional Ruas Colomadu-Ngawen
Jalan Tol Jogja-Solo. ANTARA/HO-PT Jasa Marga (Persero)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) melalui anak usahanya PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mulai mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo hari ini. 

Pengoperasian tol fungsional ini untuk mendukung arus balik sesuai jadwal secara satu arah pada 12-15 April 2024 pukul 06.00-17.00 WIB dari Ngawen sampai Colomadu.

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah mengatakan pada periode ini, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo akan beroperasi satu arah dari akses Ngawen (Klaten)/GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa). 

Dia menyebut, sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu. 

"Di luar tanggal dan jam pemberlakuan jalur fungsional yang telah ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting," kata Rudy dalam keterangan resminya, Jumat, 12 April.

Dengan jalur yang lebih panjang, kata Rudy, pihaknya berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalan alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta. 

Dengan melewati jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik Lampu Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas (APILL) serta waktu perjalanan dari Klaten menuju Akses/Gerbang Tol (GT) Colomadu hanya 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional.

"PT JMJ optimistis jalan tol fungsional ini juga dapat mendukung arus balik para pemudik atau wisatawan yang ingin kembali ke kota asalnya masing-masing," imbuhnya.