Asiknya Lewat Jalur Pansela, Ada Tempat Wisata Ini Loh!
Ilustrasi Jalan (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi pemudik yang masih belum kembali ke Jabodetabek atau sedang bersiap kembali ke perantauan lewat Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa direkomendasikan untuk beristirahat di sejumlah tempat wisata berikut ini.

Adapun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki rekomendasi sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi pemudik saat melewati Jalur Pansela tersebut.

Pertama, Pantai Tanjung Layar di Desa Sawarna, Bayah, Lebak, Banten. Pantai merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk melepas lelah selama perjalanan mudik.

Dengan keindahan ombak yang memecah dinding batu karang, Pantai Tanjung Layar dapat menjadi salah satu pantai yang dapat dikunjungi jika melintasi Jalur Pansela.

Kedua, Geopark Ciletuh yang terletak di Kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat.

"Geopark Ciletuh yang berlokasi di Sukabumi sangat cocok untuk Sahabat PUPR yang menyukai wisata alam," demikian bunyi keterangan PUPR dikutip dari akun Instagram resminya @kemenpupr, Selasa, 16 April.

Pemandangan indah dan dan suasana asri di di Geopark Ciletuh bisa menyegarkan kembali badan setelah lama di perjalanan. Geopark Ciletuh telah mendapatkan gelar UNESCO Global Geoparks (UGG) karena pemandangan serta manfaatnya yang begitu ragam.

Ketiga, Benteng Van Der Wijck di Desa Sidayu, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. "Benteng Van Der Wijck cocok dikunjungi Sahabat PUPR yang mudik dari Jawa Barat ke Jawa Tengah melalui Jalur Pansela," ujarnya.

Benteng ini telah menjadi cagar budaya dengan bangunan megah yang cocok sebagai tujuan wisata sejarah.

Keempat, ada Candi Prambanan yang terletak di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satu wisata populer yang berlokasi di Yogyakarta adalah Candi Prambanan.

"Sahabat PUPR dapat berjalan kaki sambil menikmati keindahan dan kemegahan candi Hindu terbesar di dunia ini," katanya.

Kelima, Taman Nasional Alas Purwo yang berlokasi di Tegaldlimo dan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Taman Nasional Alas Purwo dapat dikunjungi pemudik yang memiliki rute hingga ujung Jalur Pansela, yakni Banyuwangi.

"Setelah melakukan perjalanan panjang, taman nasional ini cocok untuk melepas sejenak. Sebab, terdapat beberapa pilihan wisata, seperti Sabana Sadengan, Pantai Pancur, Gua Istana, Pura Giri Selaka, hutan bambu hingga hutan bakau," imbuhnya.