Konglomerat Sukanto Tanoto Bakal Investasi di IKN, Bahlil: Kami Sedang Siapkan Lahannya
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menyiapkan lahan untuk konglomerat Sukanto Tanoto di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Bahlil mengaku Sukanto Tanoto telah berkomunikasi dengan pihaknya dan juga Otorita IKN (OIKN) terkait dengan pengajuan rencana invetasi di IKN.

“Sukanto Tanoto itu mereka sekarang saya lagi tangani untuk permintaan lahannya. Jadi nanti kami akan mempersiapkan lahannya dulu, tapi pengajuannya sudah mereka komunikasikan sama saya maupun sama OIKN,” katanya di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Senin, 29 April.

Bahlil mengaku dirinya bersama dengan Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakam sempat dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas hal ini.

“Insyaallah ibarat orang puasa itu hilalnya sudah dekat, akan semakin baik,” kata Bahlil.

Di samping itu, Bahlil juga menyampaikan progres pembangunan di IKN. Salah satunya, hotel siap digunakan pada Juli dan Agustus. Sementara, pembangunan fasilitas lain seperti perkantoran, tempat olahraga, hingga fasilitas umum juga sudah dikerjakan.

“Untuk investasi PMDN sekarang ini kan hotel-hotel yang dilakukan oleh PIK dan beberapa konsorsium itu sudah progresnya bulan Juli Agustus sudah bisa kita nginep di sana,” ucapnya.

“Dan beberapa perkantoran juga sudah dibangun. Investasi untuk urusan tempat olahraga ya, kemudian fasilitas umum juga sudah dilakukan,” sambungnya.