Erick Thohir: Alhamdulillah di Era Presiden Jokowi, Bank Syariah Masuk 10 Besar Bank di Indonesia
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Dok. Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan dalam 5 tahun ke depan Bank Syariah Indonesia (BSI) bisa menjadi footprint (jejak) Indonesia di berbagai negara.

"Kita ingin juga dalam 5 tahun ke depan, Bank Syariah Indonesia bisa menjadi footprint Indonesia di berbagai negara, seperti Arab Saudi, ataupun beberapa negara seperti Uni Emirat Arab. Supaya kita juga secara global memiliki bank syariah," ujar Erick Thohir dalam peresmian pabrik baja PT. Krakatau Steel (persero) Tbk secara virtual di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu 22 September.

Menurut Erick Thohir, transformasi yang sudah terjadi di Bank Syariah Indonesia merupakan penggabungan dari tiga bank Himbara yakni Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan Bank BNI Syariah.

"Alhamdulillah di bawah kepemimpinan bapak Presiden RI Joko Widodo, Indonesia memiliki bank syariah yang masuk 10 besar dari bank di Indonesia," kata Erick Thohir.

Ia menambahkan dari laporan yang ditelusuri, pertumbuhan pendanaan syariah performanya saat ini lebih baik daripada bank konvensional.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyaluran pembiayaan bank syariah mencapai Rp253,63 triliun pada Juni 2021. Nilainya tumbuh 14,2 persen dari Rp221,97 triliun pada Juni 2020. Sedangkan penyaluran kredit bank umum sebesar Rp5.644,85 triliun atau hanya naik 0,48 persen dari Rp5.617,71 triliun pada periode yang sama.

"Ini juga meyakinkan bagaimana BSI juga bisa bermanfaat sebagai alternatif keuangan syariah untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan," ujar Erick Thohir.

Sebelumnya PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) meraih penghargaan bank terbaik sektor bank syariah dalam Bisnis Indonesia Award 2021.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja dan kerja keras seluruh pegawai BSI dalam menghadirkan layanan terbaik kepada masyarakat.

Ia pun berharap penghargaan tersebut bisa memacu BSI untuk untuk memberikan yang terbaik sesuai prinsip syariah melalui produk, layanan, dan inovasi digital ke depannya, apalagi BSI memiliki visi untuk menjadi salah satu dari 10 bank syariah terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar dalam lima tahun ke depan.