Smart TV Jadi Solusi Atasi Migrasi TV Digital
Ilustrasi TV pintar yang diboyong oleh Hisense ke Tanah Air. (ANTARA)

YOGYAKARTA - Smart TV (TV Pintar) bisa dibilang menjadi salah satu solusi untuk menghadapi migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital atau Analog Switch Off (ASO) yang sudah di depan mata.

Keputusan migrasi siaran TV analog ke TV digital ini diprakasai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan dipastikan akan mulai berlangsung tahap pertamanya di tanggal 30 April 2022 seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Ada beberapa opsi untuk masyarakat bersiap menghadapi ASO dimulai dari pembelian Set-Top-Box yang berfungsi layaknya "adapter" bagi pemilik TV analog untuk bisa menyaksikan siaran TV digital hingga membeli TV baru yang memang sudah memiliki teknologi menangkap siaran TV digital secara langsung.

Smart TV Jadi Solusi

Jika anda memiliki budget lebih, maka ada baiknya membeli TV pintar atau Smart TV yang memiliki banyak manfaat lainnya untuk memenuhi kebutuhan hiburan di rumah anda.

Salah satunya seperti produk dari produsen TV asal China Hisense yang membawa TV pintarnya ke Tanah Air bernama Hisense TV A6H.

Dalam siaran persnya, Selasa, Hisense menghadirkan fitur beragam tidak terbatas pada kemampuan menangkap siaran TV digital tapi juga bisa digunakan terhubung dengan internet dan mengakses permainan hingga layanan aplikasi streaming.

“Televisi terbaru ini memiliki kualitas dan performa gambar yang sempurna, namun dengan harga sangat terjangkau,” ujar CEO Hisense Li Xian Wei dalam siaran persnya, Selasa.

Ada fitur lain seperti "Sports Mode" untuk menyaksikan siaran olahraga yang lebih maksimal hingga "Dolby Vision" untuk kualitas gambar dan teknologi suara serasa di bioskop.

Selain itu, TV pintar ini juga memiliki penangkap fitur gerak MEMC yang memungkinkan adanya deteksi gerakan cerdas untuk bermain gim secara daring.

Dari segi penyimpanan data, TV ini juga memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB.

“Ruang penyimpanan Hisense TV A6H menyediakan kapasitas sebesar 16 GB dan kapasitas penyimpanan melampaui kapasitas penyimpanan data dari produk sejenis di segmen TV pintar,” kata Li Xian Wei.

Menariknya dari segi layar, Hisense TV A6H memiliki desain layar unik yang sedikit melayang sekitar 2 milimeter membuat pengalaman menonton diklaim memberi sensasi 3 dimensi.

Dengan tepian bezel yang tipis, sensasi menonton pun diklaim menjadi lebih sempurna.

“Struktur TV sangat stabil dan menawan, serta memiliki desain indah dan elegan. Konsep layar 'floating screen', teknologi terintegrasi Unibody ini menciptakan tekstur tampilan yang elegan,” ujarnya.

Dari sistem operasinya, TV ini mengadopsi Google TV termutakhir dengan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami dan digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

Hisense A6H ini terdiri atas lima varian ukuran yaitu 43 inch, 50 inch, 55 inch, 65 inch dan 75 inch.

Jenama yang menjadi salah satu sponsor untuk gelaran olahraga prestisius Piala Dunia 2022 itu akan menghadirkan Hisense TV A6H pada Juni 2022 di Tanah Air dan produknya akan bisa ditemukan di e-commerce yang tersedia di Tanah Air.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!