Ganjar Pranowo Hijrah ke NasDem?
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Twitter @ganjarpranowo)

YOGYAKARTA - Partai NasDem diisukan tengah melirik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk diunggulkan dalam Pilpres 2024 akan datang. Pasalnya, partai besutan Surya Paloh itu belum mempunyai calon potensial yang bakal diusung dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Terutama, relasi Ganjar dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di internal partai kian memanas. Ganjar diprediksi tidak mendapatkan karcis pilpres dari partai banteng.

Parpol Ganjar Pranowo

"Pilihannya tentu ke parpol yang saat ini belum miliki tokoh potensial, misalnya NasDem,” ujar pengamat politik Dedi Kurnia Syah, Senin, 30 Mei.

Dedi menduga ada ketertarikan NasDem terhadap Ganjar jika merujuk pada elektabilitas gubernur Jateng dua periode itu yang kian meninggi di beberapa lembaga survei.

Namun, apabila Ganjar pindah partai maka akan menurunkan potensi kontestasi Ganjar dari capres ke cawapres. “Dalam hitungan politis, (NasDem, red) lebih mungkin menawarkan cawapres dibanding capres. Itu pun jika tokohnya memang punya daya terpilih yang tinggi," katanya 

Di samping itu, direktur eksekutif Indonesia Political Opinion itu justru menduga bahwa konflik yang terjadi antara Ganjar dan Puan bisa jadi hanyalah drama politik semata.

"Kami lihat momentum waktu, konflik ini mengemuka bukan di masa perebutan posisi, baik soal keterusungan Ganjar di PDIP atau perebutan posisi di internal partai,” katanya.

Tetapi, sambungnya, jika konflik tersebut ternyata tidak dibuat-buat, maka jalan satu-satunya bagi Ganjar untuk bisa ikut dalam Pilpres 2024 adalah dengan partai lain.

"Ganjar tetap kalem, tudingan (PDIP, red) tidak perlu ditanggapi," tandasnya.

Sebelumnya, beredar poster mengenai Ganjar Pranowo yang disarankan berpindah dari PDIP ke Partai NasDem untuk memuluskan langkahnya menuju Pilpres 2024. Meski poster itu menegaskan hanya sebatas rumor, Partai NasDem memberi tanggapan.

Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP NasDem Charles Meikyansah mengatakan partai yang diketuai Surya Paloh sejauh ini belum memilih apalagi mengusung tokoh manapun untuk maju Pilpres 2024. NasDem, kara Charles baru memulai konvensi calon presiden pada 2022.

Dalam konvensi itu, Charles mengatakan siapapun tokoh memiliki peluang yang sama untuk mengikuti konvensi.

"NasDem baru akan mulai konvensi 2022. Siapapun boleh ikut dalam konvensi presiden tersebut," kata Charles, Rabu, 25 Mei.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Ganjar Pranowo Pindah ke NasDem?, saatnya merevolusi pemberitaan!